Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Okt 2020 16:19 WIB

TRAVEL NEWS

Fakta-fakta Habitat Komodo Selain di Taman Nasional Komodo

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pulau Rinca, TN Komodo
Pemandangan TN Komodo dari Pulau Rinca Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Komodo tak hanya menempati Taman Nasional Komodo (TNK) sebagai tempat berkembang biak. Hewan purba ini juga ada di pulau lain, di mana itu?

Dalam unggahan Instagram stories Taman Nasional Komodo beberapa waktu lalu, diungkap bahwa habitat komodo juga ada di Pulau Flores, tepatnya di mana?

"Bicara soal kangen, sobat komodo tahu tidak biawak komodo hidup di tempat lain selain di Taman Nasional Komodo? Di mana lagi ya bisa ditemukan Varanus Komodoensis?," tanya TNK.

"Biawak komodo merupakan satwa endemik Nusa Tenggara Timur, wilayah sebarannya meliputi area Taman Nasional Komodo (Pulau Komodo, Rinca, Padar, Gili Motang, dan Nusa Kode). Di luat Taman Nasional Komodo satwa ini juga dapat ditemukan di pesisir pantai Flores bagian barat dan utara," imbuh dia.

Komodo, kata TNK, terdapat di dataran rendah hingga ketinggian mencapai 800 MDPL, di hutan tropis, hutan gugur terbuka, sabana dan juga terdapat di hutan bakau.

Taman Nasional KomodoTaman Nasional Komodo Foto: Taman Nasional Komodo

Apa fakta-fakta menarik dari komodo di Pulau Flores?

"Banyak orang tidak tahu komodo ada di Flores. Banyak masyarakat Flores utara tidak tahu bahwa komodo dilindungi," kata TNK.

"Jadi komodo tak hanya ada di TNK. Komodo di Flores pun sama-sama membutuhkan perhatian," pungkas dia.

Ada pun lokasi komodo di luar Taman Nasional Komodo yang menempati beberapa tempat di pesisir utara Pulau Flores, yakni di Cagar Alam Wolo Tadho, Taman Wisata Alam Laut 17 Pulau, Tanjung Torong Padang, dan Cagar Alam Riung.

Ada pun lokasi komodo di luar Taman Nasional Komodo yang menempati beberapa tempat di pesisir barat Pulau Flores, yakni di Cagar Alam Wae Wuul.



Simak Video "Sensasi Mendaki Pulau Padar untuk Nikmati Indahnya Labuan Bajo"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA