Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Okt 2020 23:05 WIB

TRAVEL NEWS

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia Lengkap

Puti Yasmin
detikTravel
Kereta api dan jejak penjajahan Belanda di Priangan: dari tanam paksa hingga plesiran
Foto: BBC Indonesia/Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia Lengkap
Jakarta -

Sejumlah bangsa Barat dari Eropa pernah menjajah Indonesia. Mereka menjajah Indonesia lebih dari 3 abad lamanya. Namun, sebenarnya apa latar belakang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia?

Berikut latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia:

Kronologi datangnya bangsa Barat dimulai ketika terjadi perang Salib di Eropa. Perang tersebut terjadi lebih dari dua abad sehingga membawa banyak perubahan, salah satunya Italia menjadi pusat perdagangan karena memiliki barang-barang dari Timur.

Bangsa Italia banyak menjual barang-barang dari wilayah Asia. Sebab, banyak mereka membutuhkan rempah-rempah dari Indonesia, sutra dari China, dan emas dan perak dari India yang bisa digunakan oleh orang-orang Eropa.

Namun, rute perdagangan Italia ini biasa ditempuh jalur darat dan dijual di Genoa dan Venesia. Kemakmuran dari dua negara tersebut pun membuat iri negara-negara yang berada di laut Atlantik, seperti Spanyol, Portugis, Perancis, Inggris, dan Belanda.

Mereka pun berencana untuk memonopoli perdagangan dari orang-orang Italia. Petualangan bangsa Barat pun dimulai berkat adanya kompas dan juga peta layar, hal ini dilakukan oleh Portugis terlebih dahulu.

Portugis diketahui menemukan jalur menuju India. Mereka berhasil mendapatkan barang-barang seperti rempah-rempah, sutera, dan gading gajah. Kemudian, Alfonso d'Albuquerque di tahun 1511 berhasil menguasai Malaka.

Dari sana, petualangan mereka berlanjut hingga ke Sunda Kelapa, Gresik, dan sampai di Ternate pada tahun 1512. Awalnya, kedatangan mereka disambut baik oleh Sultan ternate dan memberikan hak monopoli perdagangan rempah-rempah dengan imbalan membangun benteng pertahanan.

Selanjutnya, aksi tersebut diikuti oleh orang Spanyol. Ia berhasil datang ke Indonesia setelah mengunjungi India. Bangsa ini diketahui masuk dari Aceh.

Inggris pun tak mau ketinggalan dalam proses mendapatkan barang-barang dari wilayah Timur. Bahkan, Ratu Elizabeth I memberikan hak dagang pada perusahaan East India Company (EIC) dan tiba di Aceh pada tahun 1602.

Pelayaran bangsa Inggris kemudian dilanjutkan hingga ke Banten dan Maluku. Mereka memfokuskan barang dagangan, seperti tekstil, emas, dan perak. Hanya saja, mereka terkendala dengan Portugis dan Belanda yang sudah lebih dulu hingga akhirnya mundur ke Makassar, Jepara, Yogyakarta, Aceh, Padang, dan Bengkulu.

Mereka pun mulai mencoba menguasai Indonesia dengan cara menjajah. Bahkan, monopoli perdagangan dilakukan oleh Belanda dengan mendirikan Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) di tahun 1602.

Indonesia pun harus mengalami masa penjajahan selama beberapa abad hingga akhirnya merdeka di tahun 1945. Kesimpulan latar belakang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia adalah ketertarikan terhadap rempah-rempah Indonesia.



Simak Video "Raja Belanda Minta Maaf ke Indonesia atas Kekerasan Masa Lalu!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA