Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Okt 2020 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Kenalkan Ini Covid, Bayi Gajah yang Lahir di Taman Safari Bogor

Putu Intan
detikTravel
Bayi gajah Sumatera bernama Covid di Taman Safari Bogor
Bayi gajah Sumatera bernama Covid. (Foto: dok. Taman Safari Bogor)
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, seekor bayi gajah berhasil lahir dengan sehat di Taman Safari Bogor. Ia pun diberi nama Covid.

Covid merupakan bayi gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang lahir pada Selasa, 28 April 2020. Ia lahir dengan selamat pada pukul 02.25 dini hari.

Salah satu perawat gajah, Sodik menjelaskan Covid merupakan anak dari gajah betina bernama Nina yang berusia 46 tahun dan gajah jantan bernama Kodir yang berusia 44 tahun. Kedua gajah tersebut berasal dari Riau.

Beberapa saat setelah lahir, Covid yang berjenis kelamin jantan ini terlihat lincah dan bertingkah menggemaskan. Sesekali ia juga tampak mendekati induknya.

Bayi gajah Sumatera bernama Covid di Taman Safari BogorBayi gajah Sumatera bernama Covid di Taman Safari Bogor. Foto: dok. Taman Safari Bogor

Dengan lahirnya Covid, saat ini jumlah gajah di Taman Safari Bogor berjumlah 51 ekor. Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang, menjelaskan proses perkembangbiakan gajah ini dilakukan secara alami.

Tak cuma di Taman Safari Bogor, gajah Sumatera juga lahir di Taman Safari Prigen pada 14 Juli 2020. Berbeda dengan Covid yang berkelamin jantan, bayi gajah di Prigen merupakan betina.

Menurut Dokter Hewan Taman Safari Prigen, Nanang Tedjo Laksono, bayi gajah akan terus menyusu pada ibunya hingga berusia 4 tahun. Sementara itu, ia juga akan belajar makan selama delapan bulan.

Dalam perkembangbiakannya, gajah betina dianggap dewasa saat berusia 10 sampai dengan 12 tahun sedangkan yang jantan berusia 17 tahun. Setelah mampu kawin, gajah betina akan mengalami masa kehamilan antara 18 sampai dengan 24 bulan.

Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), gajah Sumatera merupakan spesies yang populasinya dalam kondisi kritis. Jumlah gajah Sumatera yang berada dalam perlindungan lembaga konservasi jumlahnya 480 ekor sedangkan yang di alam liar diprediksi sebanyak 2.000 ekor.



Simak Video "Menggemaskan! Ini Bayi Gajah Bernama Covid di Taman Safari Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA