Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Okt 2020 08:04 WIB

TRAVEL NEWS

Cuti Bersama, Turis Candi Borobudur Dites COVID-19 Secara Acak

Eko Susanto
detikTravel
Candi Borobudur test rapid acak, Rabu (28/10/2020).
Salah satu pengunjung Cando Borobudur jalani rapid test acak saat cuti bersama. (Eko Susanto/detikTravel)
Magelang -

Candi Borobudur menerapkan rapid test COVID-19 secara acak untuk traveler. Tes itu berlaku bagi pengunjung yang datang dari luar kota saat libur cuti bersama.

Rapid test ini dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Rapid test itu dilakukan di tujuh titik, salah satunya di Kabupaten Magelang, khususnya untuk pengunjung yang akan berwisata di kawasan Borobudur.

Pemilihan traveler itu berdasarkan nomor polisi mobil yang dikendarai. Andai ada plat nomor yang berasal dari luar kota, terutama zona merah, pengunjung akan diminta menjalani tes itu.

Tes dilakukan di Tourist Information Center (TIC) Borobudur. Lokasinya, berjarak sekitar 500 meter dengan Taman Wisata Candi Borobudur.

Candi Borobudur test rapid acak, Rabu (28/10/2020).Candi Borobudur test rapid acak, Rabu (28/10/2020). Foto: Eko Susanto/detikTravel

Berdasarkan pantauan di lokasi rapid test, ada beberapa pengunjung dari luar daerah yang akan menuju wisata kawasan Candi Borobudur hasil rapid test reaktif. Untuk itu, jika hasil rapid test reaktif, maka langsung dilanjutkan swab test dengan mobil tes polymerase chain reaction (PCR).

"Kami menindaklanjuti tugas dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi untuk mengantisipasi liburan di lokasi wisata," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti di TIC Borobudur, Magelang, Rabu (28/10/2020).

"Di Jawa Tengah itu ada tujuh titik, salah satunya titik di Kabupaten Magelang yaitu kawasan wisata Borobudur. Sehingga hari ini, sampai dengan Minggu (1/11), kita lakukan test rapid test dan kalau nanti ada yang hasilnya reaktif, kemudian langsung diambil swab testnya," dia menambahkan.

Pelaksanaan rapid test itu didukung Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Magelang, Satgas Penanganan COVID-19 Kecamatan Borobudur dan dari Provinsi Jawa Tengah. Mobil PCR dari Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

"Hasilnya seperti itu (ada beberapa reaktif), kemudian langsung diswab. Mudah-mudahan hasilnya sehat sehingga calon wisatawan ini bisa melanjutkan tujuan wisatanya," kata Retno seraya menyebut yang reaktif dari luar kota.

Candi Borobudur test rapid acak, Rabu (28/10/2020).Candi Borobudur test rapid acak, Rabu (28/10/2020). Foto: Eko Susanto/detikTravel

Untuk target rapid test tersebut, kata dia, sebanyak 150 orang pengunjung yang akan menuju di kawasan wisata Borobudur. Itu berdasarkan estimasi pengunjung sekitar 1.500 sehingga diambil 10 persennya yakni 150 calon pengunjung.

Retno menambahkan, selama libur panjang di Kabupaten Magelang juga melakukan rapid test secara acak terhadap pendatang di Posko Terpadu di Terminal Secang dan Muntilan.

"Untuk rapid test kita Posko Terpadu Terminal Muntilan dan Secang. Melakukan rapid test ya sampling untuk sasaran 20 orang per hari," tuturnya.

Selanjutnya>>>Respons pengunjung Candi Borobudur

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA