Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Nov 2020 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

5 Bahaya Main Ponsel Saat Traveling, Kurangin Deh!

Syanti Mustika
detikTravel
Businesswoman on plane using smartphone with graph on screen.Business technology and travel concepts ideas
Foto: iStock
Jakarta -

Ponsel menjadi kebutuhan pokok di era digital sekarang. Saat traveling pun begitu, ingin membagikan kegiatan di media sosial.. Namun, coba kurangin deh.

Media sosial dan smartphone tidak bisa dipisahkan. Segala informasi bisa kita temukan di dalam genggaman saja dan mudah juga membagikannya ke orang lain. Termasuk saat traveling, kita menggunakan ponsel untuk menggali informasi, membagikan kegiatan di media sosial, atau sekedar menggunakan kameranya yang super canggih.

Dirangkum detikcom, kurang-kurangin deh menggunakan ponsel saat traveling. Karena tanpa kita sadari ada bahayanya juga bermain ponsel saat traveling.

1. Sasaran kriminal

Terlalu sibuk dengan gadget saat traveling ternyata membuat kita mudah menjadi sasaran kriminal lho. Kita yang lengah, tidak memperhatikan sekitar hingga kita begitu mudah untuk menjadi korban kejahatan, kecopetan misalnya. Jadi tak apalah sejenak kamu letakan gadget di dalam tas bila sedang di tempat umum atau keramaian.

2. Tidak menikmati momen liburan

Tujuan kamu liburan tentu untuk menenangkan pikiran dan bersantai bukan? Jika kamu sibuk dengan ponsel dan media sosial, tentu kesempatan kamu menikmati momen, pemandangan, kuliner dan suasana di destinasi liburan menjadi teralihkan.

3. Membuang-buang waktu

Kamu yang pekerja tentu momen liburan tidak mudah untuk bisa mendapatkan atau merasakannya. Nah, sedikit meluangkan waktu jauh dari ponsel bisa nih membantu kamu rileks dari hingar bingar kerjaan. Jangan sia-siakan momen liburan terpaku pada ponsel dan tidak menikmati momen.

4. Membuat kita menjadi anti-sosial

Semua hal ada di internet, apapun yang kamu butuh tinggal menuliskan keyword dan ratusan informasi akan keluar. Memang, itulah kemudahan yang ditawarkan dengan kecanggihan digital.

Tapi tidak ada salahnya kamu memulai obrolan dengan orang-orang yang di dunia nyata, bukan? Menikmati senja sembari mengoborol dan menyeruput teh atau kopi seakan menyenangkan. Atau kamu bisa juga melempar senyum atau sekedar menyapa orang asing yang bertemu mata dengan kamu. Tak ada salahnya menjadi turis yang ramah.

5. Ketergantungan pada dunia digital

Kemudahan dunia digital mempermudah kita melakukan apapun. Namun ada baiknya kamu jangan selalu mengandalkan teknologi ya. Jika seandainya ponsel kamu tetiba rusak, atau hilang, atau tidak ada jaringan apa yang bisa kamu lakukan? Nah ini juga harus menjadi perhatian untuk kita semua. Di sinilah dunia sosial dibutuhkan dan mau tak mau kamu membutuhkan orang lain.

Jadi apa yang bisa kita lakukan dalam penggunaan ponsel saat traveling? Gunakanlah saat berada di hotel untuk mengumpulkan informasi. Asahlah kemampuan kamu bersosialisasi, mungkin bisa bertanya kepada tukang parkir, penjual atau guide kamu.

Selamat liburan ya.



Simak Video "Lihat Kembali Kemacetan Panjang di Tol Japek dari Langit"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA