Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Okt 2020 11:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Liburan Aman Saat Cuti Bersama di Tengah Corona

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi wanita di bandara
Foto: Getty Images/izusek
Jakarta -

Akhir bulan Oktober ini ada libur panjang karena cuti bersama. Nah simak dulu tips traveling di tengah pandemi biar liburannya tetap seru.

Akhir bulan ini kita bisa menikmati liburan yang cukup panjang, yaitu mulai 28 Oktober hingga 1 November 2020. Nah, detikcom telah merangkum nih untuk kamu yang ingin liburan selama libur panjang ini untuk membaca tips berikut terlebih dahulu.

1. Tentukan destinasi yang aman

Sebagian besar tempat wisata telah buka di tengah pandemi Corona. Teruntuk kamu yang ingin liburan, tetap harus pintar-pintar memilih tempat wisata ya.

Upayakan hindari tempat ramai dan tertutup. Pilihlah destinasi yang protokol keamanannya jelas dan memiliki ruang terbuka atau sirkulasi udara yang jelas.

Terutama bagi traveler yang membawa anak dan orang tua. Tentu rawan membawa mereka ke tempat wisata yang pasti akan ramai wisatawan. Nah, diskusikan dahulu bersama keluarga dan tentukan tempat yang aman dan nyaman untuk bersama ya.

2. Pahami aturan traveling aman di tempat wisata

Setiap daerah dan juga tempat wisata memiliki protokol kesehatan masing-masing yang wajib dipatuhi wisatawan. Jika traveler ragu, silahkan saja bertanya kepada pihak pengelola aturan apa saja yang mereka punya. Coba juga cari-cari artikel referensi atau tips dalam traveling aman dari pakar kesehatan.

3. Siapkan dokumen yang dibutuhkan

Nah ini juga penting. Bila traveler liburan keluar kota, persiapkan dokumen seperti surat sehat atau sertifikat negatif Corona ya. Apalagi jika bepergian saat cuti bersama menggunakan pesawat ataupun kereta api. Sekali lagi, carilah informasi dokumen apa saja yang dibutuhkan bila bepergian ya.

4. Jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan

Konsumsi makanan bergizi, olahraga yang cukup serta konsumsi vitamin menjadi langkah jitu untuk mempertahankan imun tubuh di tengah pandemi. Traveler harus menjaga kesehatan dan sadar dengan kondisi tubuh.

Jika memang tidak dalam keadaan fit untuk bepergian, jangan dipaksakan ya. Pulihkanlah kondisi badan terdahulu, daripada nanti terjadi hal yang tidak diinginkan saat traveling.

5. Bawa selalu hygiene kit

Masker, hand sanitizer dan tisu adalah hal wajib yang harus dibawa kemanapun saat keluar rumah. Juga disarankan untuk membawa alat makan dan perkakas salat sendiri ya untuk kenyamanan.

Perhatikan selalu jarak dengan pengunjung lain saat di tempat wisata. Jaga kebersihan dan rajinlah mencuci tangan. Satu lai, jangan membuang sampah sembarangan dan selalu kenakan masker dimanapun berada ya.

Stay save ya traveler di saat cuti bersama.



Simak Video "Suasana Kota Tua Jakarta yang Lengang di Libur Panjang Akhir Pekan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA