Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Nov 2020 09:40 WIB

TRAVEL NEWS

Periode Cuti Bersama, Kebun Bintang Bandung Panen Turis

Wisma Putra
detikTravel
Bandung Zoological Garden (Bazoga).
Kebun Binatang Bandung atau Bazoga kebanjiran turis saat cuti bersama. (Siti Fatimah/detikTravel)
Bandung -

Selama cuti bersama, kunjungan wisatawan ke Bandung Zoological Garden (Bazoga) atau Kebun Binatang Bandung dibanjiri wisatawan. Jumlahnya, melampaui target kuning.

Cuti bersama dan akhir pekan yang mengiringi libur perayaan Maulid Nabi mulai 28 Oktober hingga 1 November dimanfaatkan traveler lokal untuk melancong kendati pandemi virus Corona belum usai. salah satu yang menjadi jujugan adalah Bagoza.

Pengelola Kebun Binatang Bandung mematok target 6 ribu wisatawan dalam periode itu. Marcom Bagoza Sulhan Syafi'i mengatakan selama lima hari itu kunjungan wisatawan ke Bagoza mencapai 8.800 orang.

"Pengunjung Kebun Binatang Bandung melonjak tajam pada libur panjang akhir pekan Oktober. Selama 5 hari pengunjung total mencapai 8.800an. jumlah ini jauh meningkat ketimbang beberapa hari sebelumnya yang rata rata hanya 300 an perhari," kata Sulhan via pesan singkat, Senin (2/11/2020).

Menurutnya, angka tersebut melampaui target yang sebelumnya ditargetkan 6 ribu kunjungan wisatawan. "Iya betul, alhamdulillah," Aan menambahkan.

Aan mengungkapkan kunjungan wisatawan ke Bagoza jika di rata-ratakan melebihi 1.000 orang perharinya.

"Libur panjang ini jumlah pengunjung rata-rata di atas 1.200-an per hari. Target kami awalnya adalah 6 ribu orang dalam 5 hari libur tersebut artinya target hanya 1.200-an per hari. Namun demikian, ternyata pengunjung tetap antusias mendatangi kebun binatang," dia mengungkapkan.

Aan menambahkan kunjungan wisatawan meningkat tajam terjadi pada, Minggu (1/11). Yakni, melebihi 2 ribu kunjungan.

"Puncaknya adalah hari, Minggu tanggal 1 November 2020 dengan jumlah 2.400. Pengunjung ini 40% adalah warga Bandung, 60% lainnya adalah turis yang memang sengaja datang ke Bandung dan berekreasi ke Kebun Binatang Bandung," dia menjelaskan.

Pada umumnya wisatawan berjalan-jalan ke beberapa titik di Kebun Binatang Bandung itu. Yang menjadi primadona adalah kubah burung, kandang gajah, jerapah, harimau dan satwa lainnya. Beberapa pengunjung memang menikmati rimbunnya pepohonan di kebun binatang.

Aan menuturkan, dalam pelaksanaannya pihak Bagoza menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Tak hanya pada long weekend, hakniru juga tetap dilakukan di hari biasa.

"Pihak pengelola tetap melakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. Setiap pengunjung yang masuk harus menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, kemudian diukur suhu tubuh dan antri berjarak," dia menuturkan.

Selain itu, pada masa libur panjang ini pengelola Kebun Binatang Bandung tidak membuat acara khusus liburan, yang ada memang rutinitas seperti biasa misalnya animal show pada Pukul 10.30 WIB dan Pukul 14.30 WIB setiap harinya.

"Sejak dibuka kembali setelah tutup selama COVID-19, pengelola masih menutup arena satwa tumbang, arena permainan dan juga foodcourt," kata dia.



Simak Video "Suasana Kota Tua Jakarta yang Lengang di Libur Panjang Akhir Pekan"
[Gambas:Video 20detik]
(wip/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA