Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Nov 2020 16:16 WIB

TRAVEL NEWS

Akhirnya Ada Masjid Pertama di Athena, Yunani, Setelah 15 Tahun

Muslims wait to enter the first official mosque in Athens, Greece June 7, 2019. REUTERS/Costas Baltas.
Umat sambut pembukaan masjid pertama di Athena, Yunani (REUTERS/Costas Baltas)
Athena -

Setelah memakan waktu hampir 15 tahun, sebuah masjid resmi berdiri di Athena. Jadi yang pertama di ibu kota Yunani.

Kabar baik itu terdengar pada hari Senin kemarin saat pembukaannya (3/11), seperti dilansir detikTravel dari media Turki, Anadolu pada Rabu (4/11/2020).

Diketahui, ide pembangunan masjid yang diberi nama Votanikos atau Athens New Mosque itu telah diprakarsai sejak tahun 1979 silam. Hanya akibat pertentangan dari Gereja Ortodoks Yunani, izin pembangunan masjid baru turun tahun 2006 silam.

Dalam prosesnya, pembangunan masjid itu juga mangkrak hingga 14 tahun lebih hingga diresmikan Senin kemarin. Kehadiran masjid itu juga menjadi yang pertama di ibu kota Yunani itu, setelah terakhir hadir di abad ke-19 silam.

Saat ibadah pembukaannya, peresmian dipimpin oleh Ustad Zaki Mohammed (49), seorang warga Yunani berdarah Maroko. Pembukaan masjid itu sekaligus menjadi pesan akan demokrasi dan kebebasan beragama.

Pelaksanaan ibadah pertama juga dilakukan dengan jaga jarak, mengingat meningkatnya jumlah penderita COVID-19 di Yunani dan Eropa. Hanya sedikit orang terpilih saja yang diperkenankan beribadah di masjid.

Sebelumnya, Pemerintah Turki dikenal sangat kontra akan hak warga Muslim dan keturunan Turki yang tinggal di sana. Tak sedikit masjid bersejarah di sana yang ditutup hingga dibiarkan terbengkalai.

Padahal walau didominasi oleh masyarakat beragama kristen ortodoks, Yunani juga memiliki minoritas muslim yang terkonsentrasi di perbatasan antar kedua negara. Terlebih, ada sekitar 10 ribu pekerja dan imigran muslim yang tinggal di Yunani.

Menurut pihak Turki yang merupakan tetangganya, Pemerintah Yunani disebut telah melanggar Perjanjian Lausanne tahun 1923 serta Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa.



Simak Video "Yunani Akan Vaksinasi Warganya Usai Perayaan Natal"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA