Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Okt 2020 12:19 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kota Izmir yang Cantik dan Damai sebelum Dilanda Gempa

Putu Intan
detikTravel
Kota Izmir
Kota Izmir. (Foto: iStock)
Jakarta -

Turki berduka usai gempa meluluhlantakkan Izmir, kota yang terkenal damai dan punya berbagai pesona wisata. Ini kondisi Izmir sebelum gempa melanda wilayah itu.

Kota Izmir merupakan kota terbesar ketiga di Turki setelah Istanbul dan Ankara. Kota ini mendapatkan sebutan Pearl of Aegea kerena terletak di tepi Laut Aegea dan menjadi kota pantai dengan berbagai pesona wisata.

Pantai-pantai cantik menghiasi wajah kota tersebut. Salah satu yang terkenal adalah Illica Halk Plaji di daerah Cesme.

Pantai ini populer akan kebersihan pasir dan air lautnya yang jernih. Setiap musim panas, pantai itu ramai diserbu wisatawan untuk berjemur, bermain air, dan foto-foto.

Selain pantai, Kota Izmir juga memiliki sejumlah bangunan bersejarah. Beberapa di antaranya adalah Clock Tower atau Saat Kulesi, Masjid Yali atau Masjid Konak, dan Ephesus.

Kota IzmirEphesus. Foto: iStock

Saat Kulesi merupakan menara yang dibangun pada 1901 pada masa Kesultanan Utsmaniyah. Tempat ini kerap didatangi turis untuk berfoto dan menyapa merpati liar yang mengerubuni menara itu.

Sementara itu Masjid Konak memperlihatkan arsitektur Ottoman yang unik. Tempat ini juga ramai dikunjungi kendati ukurannya kecil.

Kota Izmir juga memiliki reruntuhan bangunan Ephesus yang menjadi bukti bahwa wilayah ini dulunya dikuasai Yunani. Sebelum menjadi reruntuhan, Ephesus memiliki bangunan megah.

Malangnya, bangunan-bangunan itu hancur karena gempa yang terjadi pada 614 Masehi. Namun sisa-sisa kemegahan itu justru menjadi spot wisata bagi para turis.

Kota IzmirPenduduk Izmir yang terkenal ramah. Foto: iStock

Tak hanya terkenal akan wisatanya, Izmir juga dikenal sebagai kota berpenduduk toleran. Meskipun masyarakat Turki mayoritas memeluk agama Islam, berbagai golongan masyarakat yang tinggal di Izmir dapat saling menghargai dan terbuka dengan perbedaan.

Maka tak heran bahwa kota ini juga dikenal damai. Untuk para wisatawan yang datang ke sana juga tak perlu khawatir sebab masyarakat di sana begitu ramah pada pendatang.

Rescue workers and local people try to reach residents trapped in the debris of a collapsed building, in Izmir, Turkey, Friday, Oct. 30, 2020, after a strong earthquake in the Aegean Sea has shaken Turkey and Greece. Turkey's Disaster and Emergency Management Presidency said Friday's earthquake was centered in the Aegean at a depth of 16,5 kilometers (10.3 miles) and registered at a 6.6 magnitude.(AP Photo/Ismail Gokmen)Penyelamat korban dari reruntuhan bangunan. Foto: AP/Ismail Gokmen

Saat ini akibat gempa magnitudo 7 yang melanda Turki, korban jiwa berjatuhan dan bangunan-bangunan kota itu hancur. Dikutip dari Reuters, Wali Kota Izmir Tunc Soyer mengatakan, sekitar 20 bangunan runtuh. Hingga saat ini proses evakuasi korban dari reruntuhan bangunan masih terus dilakukan.



Simak Video "Detik-detik Turki Diguncang Gempa M 7 "
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA