Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 04 Nov 2020 17:44 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Tutup Tahun, Pariwisata Bandung Masih Ngenes

Whisnu Pradana
detikTravel
Dibangun pada 27 Juli 1920, Gedung Sate kini berusia 100 tahun. Bangunan bersejarah ini dibangun dengan arsitektur yang terinspirasi dari zaman Renaissance.
Gedung Sate Bandung (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)
Bandung Barat -

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) pesimistis kunjungan wisatawan tahun 2020 bisa melampaui kunjungan wisatawan tahun 2019.

Faktor yang menyebabkan penurunan kunjungan wisatawan ke obyek wisata di KBB terutama Lembang yakni pandemi COVID-19. Itu ditambah cuaca buruk yang terjadi sejak beberapa hari belakangan.

"Berat kalau melihat angka kunjungan wisatawan sampai November. Pandemi COVID-19 ini kan membuat ekonomi melemah dan khawatir kalau mau wisata," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, KBB, Sri Dustirawati, Rabu (4/11/2020).

Pada tahun 2019, tercatat ada 6,4 juta pengunjung ke objek wisata di KBB. Tapi, sampai akhir Oktober 2020 wisatawan yang berkunjung ke berbagai objek wisata di KBB baru 1,3 juta jiwa.

"Memang ada sisa dua bulan lagi, tapi kayaknya sulit mendongkrak kunjungan wisatawan. Ada libur panjang akhir tahun juga enggak akan berdampak banyak," katanya.

Kondisi seperti itu bukan hanya terjadi di KBB, tapi di daerah lain juga merasakan hal yang sama. Wabah COVID-19 yang melanda dunia di mana sektor wisata menjadi salah satu yang merasakan imbas paling parah, hingga ada pengelola wisata yang terpaksa merumahkan pegawai.

"Selagi masih pandemi COVID-19 tetap sulit. Kemarin saja saat libur panjang di akhir pekan, saya cek kedatangan wisatawan ke beberapa objek wisata di Lembang masih di bawah 50%," tuturnya.



Simak Video "Wisatawan Berjubel di Kawasan Wisata Lembang Dalam Suasana Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA