Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Nov 2020 16:57 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Hanya Indah, Kawasan Masjid Apung Bandung Juga Jadi Tempat Mancing

Wisma Putra
detikTravel
Masjid Apung Al-Jabbar di Bandung.
(Wisma Putra/detikTravel)
Bandung -

Kegiatan memancing ikan di kawasan Masjid Apung Al-Jabbar, atau Embung Gedebage, Kota Bandung menjadi kebiasaan baru di kala pandemi COVID-19.

detikTravel, mengunjungi kawasan tersebut, Kamis (5/11/2020). Betul saja, ada sekitar 10 orang warga yang sengaja datang ke tempat tersebut untuk memancing ikan.

Para pemancing ini duduk di tepi Embung Gedebage, dengan tikar dan alas seadanya. Mereka juga, menancapkan payung yang sudah ditalikan ke sebilah bambu untuk berteduh dari sinar matahari.

Jika di hari biasa kurang dari 10 orang pemancing datang ke tempat ini, di saat akhir pekan bisa lebih dari 10 orang pemancing datang ke Embung Gedebage untuk memancing ikan.

Masjid Apung Al-Jabbar di Bandung.Kegiatan memancing di Embung Gedebage (Wisma Putra/detikTravel)

Beragam jenis ikan dengan berbagai ukuran bisa didapatkan oleh para pemancing. Dari mulai jenis ikan mas hingga ikan nila, dengan ukuran dua hingga lima jari orang dewasa.

Seperti yang dilakukan oleh Dasep (45), karena tidak memiliki kegiatan, pria yang merupakan warga Jatinangor Sumedang itu, sengaja datang ke Embung Gedebage untuk memancing ikan.

"Enggak ada kerjaan, ya jadi gini, lumayan ikannya bisa dipasak, kalau dapat banyak bisa dijual," kata Dasep kepada detikTravel saat akan memulai memancing ikan.

Dasep datang bersama tiga temannya ke Embung Gedebage, sama-sama untuk mencari ikan. "Iya cari ikan, temen-temen juga pada enggak kerja, ada juga yang masih diliburkan kerjanya," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan memancing ini sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. "Kalau saya udah sekitar tiga bulan, ya enggak tiap hari ke sini, kalau sepi job aja," kata Dasep yang memiliki profesi serabutan.

Masjid Apung Al-Jabbar di Bandung.Masjid Apung Al-Jabbar di kejauhan, Bandung (Wisma Putra/detikTravel)

Hal senada dikatakan Iman (28), ia datang ke Embung Gedebage untuk mencari ikan. "Cari ikan, kebetulan kerja lagi libur, ya jadi berkegiatan aja. Kerja ya kerja, inimah buat mengisi waktu libur saja," ujar Iman.

Selain Iman, masih banyak warga yang datang ke tempat tersebut dan berkegiatan memancing untuk mengisi waktu senggang.

"Di sini kan tempatnya terbuka juga, jadi bisa meningkatkan imun, lumayan bisa hiburan gratis," tambahnya.

Selain itu juga, saking banyaknya pemancing yang datang setiap harinya, pedagang umpan ikan dan peralatan pancing lainnya ada di tempat tersebut dan memudahkan para pemancing untuk mencari umpan.

Ada juga, warung dadakan yang menjual makanan ringan yang ada di pinggir Embung Gedebage tersebut.

Tak hanya menggunakan alat pancing, tak sedikit warga yang mencari ikan di Embung Gedebage dengan menggunakan jala atau jaring yang ditebar atau dilempar dari pinggir atau naik di atas rakit.



Simak Video "Detik-detik Pria Lempar Bom Molotov ke Masjid di Cengkareng"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA