Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Nov 2020 20:04 WIB

TRAVEL NEWS

3 Cagar Biosfir UNESCO, Bunaken, Karimunjawa, dan Merapi yang Cantik

Cagar biosfir Merapi Merbabu Menoreh
Cagar Biosfir Merapi Merbabu Menoreh (Foto: UNESCO)
Jakarta -

UNESCO menetapkan Bunaken Tangkoko Minahasa, Karimunjawa Jepara Muria, dan Merapi Merbabu Menoreh sebagai UNESCO Biosphere Reserves atau Cagar Biosfir UNESCO. Sebagai cagar biosfir, keseluruhan unsur alamnya dilindungi dan dilestarikan demi kepentingan penelitian dan pendidikan.

Hal itu diputuskan dalam sidang ke-32 The International Co-ordinating Council of UNESCO's Man and the Biosphere Programme (MAB-ICC) tahun 2020. Sidang itu juga menetapkan 25 cagar biosfer baru lainnya dari berbagai belahan dunia dengan 3 dari Indonesia.

Secara keseluruhan telah terdapat 714 cagar biosfer UNESCO yang tersebar di 129 negara. Yuk simak keanekaragaman hayati di 3 biosfir yang diakui UNESCO itu.

1. Cagar Bunaken Tangkoko Minahasa

Cagar Biosfir Bunaken Tangkoko Minahasa Bunaken Tangkoko MinahasaCagar Biosfir Bunaken Tangkoko Minahasa Foto: UNESCO


Cagar Biosfer Bunaken Tangkoko Minahasa di Sulawesi Utara terletak di jantung Segitiga Terumbu Karang Kawasan Indo-Pasifik di Indonesia. Cagar biosfer mencakup total 746.405,92 hektar habitat darat dan laut.

Tak salah kalau UNESCO memilih kawasan ini sebagai cagar biosfir terbaru. Kawasan tersebut meliputi mozaik sistem ekologi yang meliputi kawasan pesisir dengan terumbu karang dan lamun, hutan bakau dan pesisir, pulau-pulau, dan ekosistem darat.

Cagar biosfer ini merupakan rumah bagi lebih dari 130 spesies mamalia termasuk tarsius Dian. Wilayah ini memperoleh keuntungan dari produksi kakao, kopi, perikanan, dan ekowisata. Cagar ini merupakan ekosistem vulkanik yang memiliki keanekaragaman hayati bawah laut yang sangat kaya.

Cagar Biosfir Bunaken Tangkoko Minahasa Bunaken Tangkoko MinahasaCagar Biosfir Bunaken Tangkoko Minahasa Foto: UNESCO

Selanjutnya Cagar Karimunjawa-Jepara-Muria

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Momen Burung Endemik di Merapi-Merbabu Dilepasliarkan"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA