Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Nov 2020 15:14 WIB

TRAVEL NEWS

Daftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya Lengkap

Puti Yasmin
detikTravel
Ada banyak rumah adat di Indonesia, salah satunya Rumah Adat Rote. Rumah adat tersebut bergaya rumah panggung dengan atap daun lontar.
Foto: Ari Saputra/Daftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya Lengkap
Jakarta -

Berbagai macam rumah adat Indonesia dapat ditemui dari Sabang sampai Merauke. Uniknya, setiap rumah tersebut memiliki bentuk khas dan nama yang berbeda dengan daerah lainnya.

Berikut gambar rumah adat dan asalnya:

1. Rumoh Aceh

rumah adat acehDaftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya Lengkap Foto: agus

Rumat adat Indonesia ini berasal dari provinsi Aceh dan memiliki bentuk panggung yang terbuat dari kayu meranti. Atap Rumoh Aceh terbuat dari daun rumbia yangdianyam memanjang ke samping kanan dan kiri.

Selain itu, rumah ini juga memiliki tiang setinggi 2,5 sampai 3 meter dengan total jumlah genap. Untuk masuk ke rumah ini, seseorang harus melewati tangga yang terletak di kolong rumah.

2. Rumah Bolon

rumah khas Sumatera UtaraDaftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya Lengkap Foto: Muchamad Irfan/d'Traveler

Rumah adat Indonesia ini merupakan rumah adat Batak Toba. Rumah Bolon adalah rumah pertemuan keluarga besar. Biasanya, rumah ini digunakan sebagai tempat musyawarah kegiatan adat.

Rumah Bolon memiliki bentuk panggung atau 1,75 meter di atas tanah terbuat dari kayu. Bentuknya bersegi panjang dengan ukuran 10 sampai 20 meter dan berdinding miring. Arapnya segitiga, bertingkat dua dan dialisi ijuk.

3. Rumah Gadang

Objek wisata di Sumatera Barat.Daftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya Lengkap Foto: (brigits_emilianav/d'Traveler)

Rumah Gadang merupakan rumah adat Indonesia asal Sumatera Barat. Bentuk rumahnya panggung atau sekitar 2 meter dari tanah dan berbentuk persegi panjang.

Atap Rumah Gadang berbentuk tanduk kerbau yang terbuat dari ijuk. Untuk membuatnya, tidak ada paku yang digunakan. Tetapi, pasak kayu yang semakin kuat terikat jika terjadi gempa.

4. Rumah Badui

Contoh rumah adat suku baduy luar bantenDaftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya Lengkap Foto: Bahtiar Rifai/detikcom

Rumah Badui berasal dari provinsi Banten. Sama seperti rumah Gadang, rumah ini berbentuk panggung tetapi tidak mencapai setengah meter dan biasa digunakan sebagai tempat tinggal. Hunian ini terbuat dari pelupuh, yakni bambu yang dibelah-belah.

Sedangkan, bagian lain dari rumah Badui terbuat dari kerangka bambu. Atap rumahnya terbuat dari daun kelapa atau ijuk yang dikeringkan.

5. Rumah Kebaya

Sejumlah persiapan tengah dilakukan jelang pelaksanaan Lebaran Betawi 2019. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini akan digelar di Lapangan Silang Monas.Daftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya Lengkap Foto: Pradita Utama

Rumah Kebaya juga dikenal dengan nama rumah Betawi. Nama 'Kebaya' diambil karena atapnya memiliki beberapa pasang yang jika dilihat dari samping seperti berlipat-lipat menyerupai kebaya.

Bentuk ini tidak berada di seluruh bagian rumah, tetapi hanya berada di atas konstruksi tiang atau kuda-kuda rumah. Selebihnya, rumah tersebut hanya diberi tambahan serondoyan.

6. Rumah Joglo

Warga mengunjungi lokasi wisata Rumah Joglo Puri Wedari di Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (6/6/2020). Rumah Joglo tersebut didirikan untuk mengobati kerinduan warga perantau asal Jogjakarta terhadap kampung halaman dan saat ini menjadi objek wisata bagi warga sekitar dengan tarif masuk sebesar Rp15 ribu per orang. ANTARA FOTO/Suwandy/wsj.Daftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya Lengkap Foto: ANTARA FOTO/Suwandy

Rumah adat Indonesia dari Jawa Tengah ini pada zaman dahulu hanya menjadi tempat tinggal masyarakat yang memiliki derajat sosial yang tinggi. Untuk menemukannya, rumah ini bisa ditemukan di Wonosari, Gunung Kidul, dan Yogyakarta.

Rumah Joglo Jawa Tengah ini memiliki pendopo yang menjulang tinggi. Kemudian, setiap soko guru harus menggunakan pohon asal dilihat dari jumlah cabang pohon, hingga lokasinya.

7. Gapura Candi Bentar

Petugas PLN sedang memasang meteran listrik di rumah pelanggan di Desa Pengotan, Kabupaten Bangli, Bali, Selasa (21/2/2017). PT PLN Distribusi Bali menargetkan program listrik pedesaan di wilayahnya mampu mencakup 2.322 pelanggan pada 2017.Daftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya Lengkap Foto: Dikhy Sasra

Gapura Candi Bentar merupakan rumah adat Bali. Bangunan ini dibentuk dari batu bata merah. Selain itu, ada ukiran-ukiran dari batu cadas yang menghiasi bangunan tersebut.

8. Rumah Dalam Loka

Daftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya LengkapDaftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya Lengkap Foto: istimewa

Rumah Dalam Loka merupakan rumah tradisional dari Nusa Tenggara Barat. Bangunan rumah ini ukuran yang besar dengan ukiran-ukiran khas Sumbawa.

Hanya terdapat satu pintu akses untuk masuk dan keluar rumah. Sebelum itu, seseorang harus melewati tangga depan terlebih dahulu.

9. Rumah Panjang

Salah satu rumah adat suku banjar yang masih tersisa di Kalimantan Selatan adalah Rumah adat Bubungan Tinggi dan Gajah Baliku yang terletak di situs cagar budaya Rumah Adat Banjar Teluk Selong Ulu di Jalan Martapura Lama nomor 28 RT 4, Desa Teluk Selong Ulu, Kecamatan Martapura Barat, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (12/5/2016). Ini merupakan salah satu rumah adat berusia 205 tahun dan 150 tahun dari 11 tipe rumah adat yang sudah hampir punah. (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)Daftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya Lengkap Foto: Rachman Haryanto

Rumah Panjang berasal dari Kalimantan Barat. Rumah ini memiliki tinggi mencapai 8 meter dengan panjang sekitar 1,8 meter dan lebar 6 meter.

Saking besarnya rumah adat Indonesia ini bisa terdapat 50 ruangan di dalamnya. Adapun, beberapa ruangan memiliki nama tersendiri, seperti teras adalah pante, dan ruang tamu disebut samik.

10. Rumah Lamin

Rumah ini berasal dari Kalimantan Timur. Rumah ini bisa dihuni 25-30 kepala keluarga. Biasanya, ujung atap rumah akan dihiasi oleh kepala naga yang berarti keagungan.

Halaman rumah Lamin juga akan diisi oleh patung-patung Blontang yang menggambarkan dewa penjaga. Untuk masuk ke dalam rumah, seseorang harus naik tangga terlebih dahulu yang terbuat dari pohon.

11. Rumah Honai

Keberadaan rumah adat khas Papua tepatnya di Puncak Jaya terus dilestarikan. Hal itu dilakukan sebagai upaya menjaga budaya masyarakat setempat.Daftar Rumah Adat Indonesia dan Asalnya Lengkap Foto: Lamhot Aritonang

Rumat adat Indonesia yang terakhir berasal dari Papua. Rumah ini biasanya dihuni oleh suku Dani. Struktur bangunan terdiri dari dua lantai.

Lantai pertama sebagai tempat tidur dan lantai kedua untuk bersantai hingga makan. Pintu rumah Honai biasanya kecil. Tidak ada jendela di rumah ini dan atapnya terbuat dari rumput ilalang.

Selamat belajar rumah adat Indonesia!

(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA