Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Nov 2020 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Pandemi Corona, Pilot Jadi Lebih Sering Bersih-bersih Sebelum Terbang

Putu Intan
detikTravel
Pilot dan Co Pilot Citilink
Co Pilot Citilink Andy Diana dalam wawancara eksklusif dengan detikTravel. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Menjaga kebersihan sudah menjadi kewajiban pilot selama bertugas.Pilot pun harus bertugas ekstra soal bersih-bersih pesawat.

Terutama di masa pandemi Corona, kebersihan dan protokol kesehatan lainnya terus ditingkatkan.Termasuk dalam penerbangan.

Pilot dan co pilot Citilink menjelaskan kepada detikTravel mengenai protokol kesehatan yang mereka terapkan sebelum hendak terbang. Prosedurnya lebih banyak ketimbang dalam kondisi normal.

"Pastinya ada perbedaan (dengan sebelum pandemi Corona) karena protokol kesehatan kita terapkan. Dari mulai berangkat kita sudah harus rapid test," kata Co Pilot Citilink Andy Diana dalam wawancara eksklusif dengan detikTravel.

Diana mengatakan di masa awal pandemi COVID-19, seluruh pilot dan awak kabin diwajibkan untuk melakukan rapid test ini setiap tiga hari sekali. Tapi, saat ini rapid test dilakukan setiap 14 hari sekali. Tujuannya untuk memastikan mereka dalam kondisi fit dalam bertugas.

Sementara itu, Pilot Citilink Ikramuddin Malik juga menjelaskan ada serangkaian cek kesehatan lain yang juga harus dilakukan sebelum terbang. Salah satunya adalah pengukuran tensi dan kondisi psikologis.

"Yang pasti kita ditanya apakah dalam keadaan fit untuk terbang? Itu sudah termasuk dalam psikologis atau kita ada flu, tidur cukup atau tidak, apakah sebelumnya kita ada olahraga yang ekstrem atau sebelumnya ada kegiatan yang melelahkan, apakah kita fatigue dan makan cukup?" katanya.

Pilot dan Co Pilot CitilinkCo Pilot Citilink. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Tak kalah penting, setiap pilot juga wajib bebas narkoba. "Ada pengecekan, random cek. Tiba-tiba datang ke pesawat untuk cek urine. Itu rutin dilakukan," ia menjelaskan.

Nah setelah itu, para pilot akan melakukan pengecekan dokumen dan kondisi pesawat. Di masa pandemi ini, pesawat didisinfektan secara rutin. Namun, baik Ikram maupun Diana sepakat bahwa mereka juga perlu membersihkan kembali area pesawat terutama cockpit agar terbebas dari Corona.

"Kita datang ke pesawat lebih awal juga walaupun pesawat itu sudah didisinfektan tapi kita tetap sterilkan lagi, dilap dan dipakai disinfektan supaya kami dan penumpang nyaman terbang," kata Ikram.

"Kita membawa alat kebersihan untuk diri sendiri untuk menjaga kesehatan seperti hand sanitizer, selalu menggunakan masker, kalau misalnya memang menggunakan face shield dipersilakan. Kami di dalam cockpit selalu menggunakan masker dan menjaga sterilitas ruangan. Membawa air freshner, sebelum masuk cockpit dan kita pakai lap disinfektan, jadi double protect," Diana menjelaskan.

Saat ini, penerbangan domestik Citilink telah kembali beroperasi hampir 90 persen. Namun untuk pilot, jam terbang mereka masih dibatasi hingga paling sedikit antara 20-30 jam terbang per bulan.



Simak Video "Bisnis Kargo Citilink Alami Lonjakan Selama Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA