Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Nov 2020 11:35 WIB

TRAVEL NEWS

Desa Wisata Nangkula Park Tulungagung Omsetnya Rp 1,5 Miliar, Cakep!

Adhar Muttaqin
detikTravel
Desa Wisata Nangkula Park Tulungagung
Foto: Adhar Muttaqin/detikcom
Tulungagung -

Desa Wisata Nangkula Park Tulungagung kini menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat. Wisata yang dikelola pemerintah Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu ini pun mampu meraup omset hingga Rp 1,5 miliar selama empat bulan terakhir.

Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa, mengatakan Nangkula Park diresmikan pada Juli 2020 lalu, sejak itulah jumlah pengunjung di destinasi wisata berkonsep taman dan kuliner ini terus mengalami peningkatan.

Jumlah pengunjung Desa Wisata Nangkula Park Tulungagung

Pada hari-hari biasa, jumlah pengunjung antara 700 hingga 1.000 orang/hari, namun pada akhir pekan atau hari libur, jumlah pengunjung yang datang bisa mencapai 4.000 orang.

"Selama empat bulan ini perkembangan sudah sesuai dengan yang diharapkan, bahkan total pengunjungnya sudah sekitar 350 ribu," kata Anang Mustofa.

Desa Wisata Nangkula Park TulungagungDesa Wisata Nangkula Park Tulungagung Foto: Adhar Muttaqin/detikcom

Dengan tingginya animo masyarakat tersebut, Desa Wisata Nangkula Park Tulungagung mampu meraup omset total selama empat bulan hingga mencapai Rp 1,5 miliar. Atau jika dirata-rata per hari mampu menghasilkan pendapatan kotor sekitar Rp 12,6 juta.

Spot Menarik Nangkula Park Tulungagung

Menurutnya, untuk memikat wisatawan, Nangkula Park dilengkapi sejumlah spot menarik, mulai dari taman bunga Celosia, balon udara, keris raksasa hingga wisata kuliner. Di lokasi tersebut pengunjung juga bisa berfoto di beberapa spot alternatif lainnya.

Kades Anang mengaku pembangunan Nangkula Park tersebut berawal dari ide sederhana, yakni membuat lapangan olah raga sekaligus menjadi ruang rekreasi keluarga yang representatif.

Desa Wisata Nangkula Park TulungagungDesa Wisata Nangkula Park Tulungagung Foto: Adhar Muttaqin/detikcom

Ide tersebut akhirnya diwujudkan, bermodal anggaran Rp 450 juta dari dana desa, pihaknya membangun taman beserta restoran. Pembangunan pun terus dikembangkan seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung. Sejumlah gazebo menarik juga dibangun untuk tempat nongkrong para pengunjung.

"Tahun 2021 ini akan kami kembangkan dengan konsep kembali ke alam atau back to nature, jadi nanti ada wisata edukasi seperti mina padi, hidroponik, nanti wisata kulinernya sudah tidak menggunakan pengawet micin dan lain sebagainya," jelasnya.

Tiket Nangkula Park Tulungagung

Untuk menikmati Desa Wisata Nangkula Park Tulungagung yang berada di pinggir area persawahan ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp 2.000.



Simak Video "Lagi Pandemi, Ada Kerumunan Pesta Ultah di Tulungagung"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA