Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Nov 2020 16:04 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rindu Liburan? Ini 7 Destinasi Wisata Alam Ciamik di Gunungkidul

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Geopark Gunung Sewu
Foto: Geopark Gunung Sewu (Youtube/BADAN GEOLOGI INDONESIA)
Gunungkidul -

Gunungkidul tak jarang dipilih wisatawan untuk dikunjungi saat berwisata ke Yogyakarta. Berbagai pemandangan alam yang indah menjadi daya tariknya.

Traveler yang sudah rindu wisata alam bisa datang ke destinasi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Dikumpulkan detikcom, berikut 7 destinasi alam indah di Gunungkidul:

1. Bukit Teletubbies

Tak hanya Bromo yang punya tanaman hijau indah yang kerap disebut bukit teletubbies, tapi Gunungkidul juga. Lokasinya berada di perbukitan Gunung Bagus, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul. Dari pusat Yogyakarta bisa ditempuh dalam waktu satu hingga satu setengah jam perjalanan.

Mirip dengan dome di film Teletubies, tak heran jika masyarakat setempat menyebut tempat ini dengan Bukit Teletubbies. Hingga kini belum banyak fasilitas yang ada, namun sudah ada spot foto ataupun tempat bersantai.

Bukit TeletubbiesBukit Teletubbies Foto: (Aisyah Pretty R/d'travelers)

2. Pantai Srakung

Kawasan Gunungkidul yang paling diincar wisatawan biasanya adalah pantainya. Nah salah satu pantai ini cocok untuk traveler yang ingin menghindari keramaian.

Pantai Srakung belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jadi kalau traveler ke sini akan merasa berada di pantai pribadi!

Berlokasi di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Dari pusat Yogyakarta, wisata ini bisa traveler tempuh dalam waktu kurang lebih satu hingga dua setengah jam perjalanan.

Pantai Srakung Gunungkidul Pas buat yang Tak Suka KeramaianPantai Srakung Gunungkidul Pas buat yang Tak Suka Keramaian Foto: Aisyah Pretty R/d'Traveler

3. Pantai Ngeden

Namanya memang aneh, tapi keberadaan pantai ini benar adanya di Gunung Kidul, DIY. Sebelumnya, pantai bukan bernama Ngeden, tapi Ngedan,

Lokasi pantai Ngeden berada di Berdadi, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Ngeden memiliki garis pantai yang pendek, tapi keindahannya tetap luar biasa.

Dari Titik Nol Malioboro, Pantai Ngeden berjarak sekitar 50 km atau ditempuh dengan waktu sekitar dua jam. Biasanya traveler menghabiskan waktu dengan berjemur dan berenang.

Pantai di YogyakartaPantai di Yogyakarta Foto: (fareljuncak/d'Traveler)

4. Pantai Nglambor

Traveler yang suka snorkeling bisa datang ke Pantai Nglambor. Saat masa pandemi ini, peralatan alat snorkeling baru disediakan untuk wisatawan.

Berlokasi di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY, ada berbagai protokol kesehatan lain yang diterapkan. Mulai dari mengenakan masker, pengecekan suhu hingga wajib mencuci tangan. Dalam satu trip yang biasanya berjumlah 20 sampai 30 orang pun dibatasi menjadi 10 orang.

Pantai di YogyaPantai Nglambor Foto: Maula Muhammad Akmal/d'Traveler

5. Pantai Krakal

Keindahan Gunungkidul juga tampak di Pantai Krakal. Ada satu tebing di pantai yang bisa dinaiki. Dari sana traveler bisa melihat keindahan laut dari ketinggian.

Suara deburan ombak yang menghantam karang dan tebing membuat traveler tak ingin beranjak dari pantai. Gemerlap pantai yang berkilau juga menambah keindahannya.

Berlokasi di Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, traveler juga bisa bersepeda santai di pinggir pantai lho.

Pantai KrakalPantai Krakal Foto: (Annisa Aulia/d'traveler)

Selanjutnya: Taman Bunga Amarilis

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA