Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Nov 2020 14:49 WIB

TRAVEL NEWS

Danau Toba Digadang-gadang Cepat Pulih Usai Pandemi, Ditunggu Peran Mahasiswa

Bersepeda keliling Pulau Samosir juga jadi kegiatan seru saat berwisata ke Danau Toba
Foto: Kemenparekraf
Medan -

Pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi virus Corona. Danau Toba diharapkan bisa pulih sesegera mungkin dengan melibatkan mahasiswa dan media.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) menggelar acara Wisata Edukasi Tematik Nusantara di akhir tahun. salah satunya, di Sumatera Utara.

Dengan tema 'Culture Exploration', 40 peserta yang terdiri dari duta pariwisata kota Medan, mahasiswa, komunitas, dan media akan mengeksplorasi destinasi budaya di kawasan Toba, Sumatra Utara. Termasuk, soal penerapan protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19.

Selain untuk memulihkan ekonomi usai pandemi Corona, kegiatan itu bertujuan mengedukasi masyarakat akan potensi pariwisata yang ada di Indonesia.

"Jadi ada tiga tujuan dari kegiatan ini. Yang pertama adalah recovery jadi pemulihan ekonomi usai pandemi. Jadi dengan kegiatan ini, pariwisata kembali bergerak. Akomodasinya, hotel transportasi dan pelaku pariwisata di dalamnya," kata Koordinator bidang wisata minat khusus, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Afrida Pelita Sari, Selasa (17/11/2020) di Hotel Aryaduta, Medan.

"Yang kedua untuk mengedukasi para peserta. Saat ini, para pesertanya adalah mahasiswa dan media. Itu untuk dapat lebih mengenal destinasi di wilayahnya dan mempromosikan melalui media sosial," Afrida menambahkan.

kemenparekrafKemenparekraf gandeng mahasiswa untuk promosikan Danau Toba. Foto: Elmy Tasya/detikTravel

Nah, dengan melihat eksplorasi wisata budaya dengan protokol kesehatan di media sosial, tentunya akan banyak masyarakat yang akan kembali merencanakan kembali liburan mereka. Tentunya juga dengan melihat perkembangan situasi virus Corona.

Dalam kegiatan ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun sudah memastikan penerapan protokol kesehatan selama perjalanan, mulai dari akomodasi hingga kawasan wisata. Sebelum berangkat, peserta pun dibekali masker hingga hand sanitizer, juga pengetahuan akan pentingnya menerapkan CHSE (Cleanlinnes, Health, Safety, Environrment).

Perjalanan wisata edukasi tematik nusantara ini pun tak hanya diselenggarakan di Danau Toba, Sumatra Utara, tapi juga di empat tempat lainnya, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Bangka Belitung.



Simak Video "Sandiaga Uno Mencari Terobosan Baru Untuk Danau Toba"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA