Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Nov 2020 22:14 WIB

TRAVEL NEWS

Gempa Sumba yang Perlahan Meruntuhkan Batu Cincin Pantai Mbawana

Putu Intan
detikTravel
Batu cincin di Pantai Mbawana runtuh
Batu cincin yang runtuh tak bersisa di Pantai Mbawana. (Foto: Instagram @ang_david)
Sumba Barat Daya -

Kokohnya batu cincin ikonik di Pantai Mbawana, Sumba kini tinggal kenangan. Batu itu runtuh karena faktor alam, salah satunya gempa bumi.

Travel influencer Caswan Assegaf yang datang langsung ke lokasi kejadian mengatakan bahwa saat ini kondisi batu cincin benar-benar sudah lenyap ditelan ombak. Batu yang dulunya menjadi spot favorit bagi wisatawan untuk berfoto itu dikabarkan runtuh sejak Senin (16/11/2020) malam.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Awan, demikian ia akrab disapa, penyebab runtuhnya batu cincin diduga karena gempa bumi yang terjadi tahun 2019. Gempa yang melanda Sumba pada September hingga November itu disinyalir membuat batu cincin perlahan terkikis habis.

Yang terbaru, gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,2 terjadi di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, NTT. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. BMKG melaporkan gempa itu terjadi pada Kamis (12/11/2020) pukul 10.48 WIB. Titik koordinat gempa berada di 9,53 Lintang Selatan dan 118,17 Bujur Timur.

"Awalnya sudah terkikis gara-gara gempa dulu. Terus semalam mungkin karena ombak," ujarnya ketika dihubungi detikTravel melalui pesan singkat, Selasa (17/11/2020).

Beruntung ketika batu cincin itu runtuh, tidak ada wisatawan yang melintas. "Untung nggak runtuh sore tadi jadi alhamdullilah nggak ada korban yang terkena reruntuhan," ujarnya.

Awan pun berharap, meskipun kini Pantai Mbawana tak lagi memiliki batu cincin, wisatawan tetap datang ke sana karena masih banyak keindahan yang dapat dieksplorasi.

"Walaupun Pantai Mbawana sudah nggak ada tebing batu cincinnya lagi, treveler tetap mau berkunjung ke Pantai Mbawana. Karena memang pantai di sana sudah keren banget dengan pasir panjang cokelat keemasan. Walaupun tidak ada lagi batu cincin. Bisa juga nikmatin sunset dari atas tebing Tanjung Mareha," katanya.

Pantai Mbawana sendiri memang terkenal akan tebingnya. Selain batu cincin, barisan tebing di sana juga tak kalah menarik. Mirip objek wisata 12 Apostles di Victoria, Australia. detikcom masih berusaha mendapatkan informasi lebih lanjut soal runtuhnya batu cincin ini.



Simak Video "Batu Cincin, Ikon Pantai Mbawana yang Runtuh jadi Bebatuan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA