Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Nov 2020 12:35 WIB

TRAVEL NEWS

Beyond Pandemic, Pameran Foto Masyarakat di Tengah Pandemi

Siti Fatimah
detikTravel
Pameran foto Beyond Pandemic
Pameran foto Beyond Pandemic (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Sudah hampir delapan bulan pandemi COVID-19 belum beranjak di bumi pertiwi. Lewat pameran foto di Bandung, masyarakat adaptasi kegiatan di masa pandemi.

Hasil jepretan fotografer amatir dan profesional ini dijadikan satu dalam sebuah pameran bertajuk 'Beyond Pandemic'. Ada sekitar 130 foto hasil buruan para fotografer dan seniman penyuka fotografi yang dikumpulkan. Kemudian, foto tersebut dikuratori dan terkumpul beberapa terbaik untuk dipamerkan.

Foto tersebut dipamerkan di salah satu hotel Bandung yaitu di The Jayakarta Hotel. Dengan bentuk yang sederhana, foto-foto tersebut mampu menggugah perasaan siapapun yang melihatnya.

Beberapa foto memperlihatkan tenaga medis duduk bersandar ketika kelelahan dengan menggunakan alat pelindung diri lengkap dan foto lainnya menunjukkan adaptasi siswa yang berseragam sekolah dasar menggunakan face shield dan masker.

Pameran foto Beyond PandemicPameran foto Beyond Pandemic Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Ada juga foto yang memperlihatkan saat penyemprotan disinfektan di ruang kelas atau foto kegiatan shalat berjamaah di masjid saat pandemi dengan batas jaga jarak, rata-rata seluruh foto memperlihatkan objek menggunakan masker.

"Beyond the pandemic, selain kita ingin orang-orang yang punya ide dan melihat langsung pandemi ini memberikan dampak pada kita. Lewat foto ini sejuta makna orang yang melihat dan menyukai foto akan mengkiaskan berbeda-beda," kata Marcomm & Digital Executive The Jayakarta Suites Bandung, Fazaliqa Muhammad Rizki kepada detikcom, Rabu (18/11/2020).

Hasil jepretan kamera yang nyata dari berbagai peristiwa, momen, dan keseharian masyarakat akan menjadi catatan sejarah dalam bentuk foto.

"Kegiatan ini memberikan bukti secara objektif situasi dan kondisi saat pandemi," ujarnya.

Pameran foto Beyond PandemicPameran foto Beyond Pandemic Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Faza mengatakan, foto yang dipamerkan tersebut merupakan hasil karya para peserta photo contest.

"Para peserta mengirimkan foto yang telah dicetak kepada pihak panitia, lalu foto terpilih yang dipamerkan. The Jayakarta akan memberikan apresiasi berupa uang tunai dan voucher menginap untuk lima foto terbaik," imbuhnya.

Selain kegiatan pameran foto, pihaknya juga mengadakan pelelangan dari foto-foto yang dipamerkan. Uang yang dihasilkan dari pelelangan tersebut akan disumbangkan seluruhnya kepada panti asuhan dan masyarakat yang terkena dampak pandemi.

Pameran foto Beyond PandemicPameran foto Beyond Pandemic Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

"Dengan rangkaian kegiatan ini, kami ingin memberikan keceriaan dan kebahagiaan bagi masyarakat yang berpartisipasi. Harapan bahwa semua orang tetap berkarya, tanpa berputus asa dan mudah menyerah. Carilah kesempatan dari setiap kesulitan yang ada," pungkasnya.

Pameran foto ini dapat dinikmati dari 6-30 November 2020 di The Jayakarta Hotel Jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bandung. Pada 30 November sekaligus juga akan berlangsung pengumuman pemenang dan kegiatan charity pelelangan dari hasil foto-foto yang dipamerkan.

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA