Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Nov 2020 15:21 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Toilet Sedunia, Mari Contoh Revolusi Toilet China

Bonauli
detikTravel
toilet di China
Toilet di China (Bonauli/detikcom)
Beijing -

Hari ini adalah Hari Toilet Sedunia. Melihat kondisi sanitasi di Indonesia, rasanya kita harus banyak belajar dari China.

Siapa pun yang pernah traveling ke China di masa lampau pasti ingat satu hal soal toiletnya, jorok. Ya, toilet dan jorok identik banget di China.

Tim detikTravel pun pernah beberapa kali berkunjung ke Negeri Tembok Raksasa itu dan membuktikan toilet tanpa air dan kotoran manusia tidak terurus. Aroma tidak sedap pun menguar ke mana-mana.

Di toilet umum yang ada di gang-gang di tengah kota Beijing tidak memiliki sekat antara WC, juga tanpa air dan tisu.

Pemerintah China membuat perubahan besar-besaran dengan citra buruk itu. Mulai tahun 2015 lalu Presiden China Xi JInping mengampanyekan 'Revolusi Toilet' yang secara khusus di tempat-tempat wisata, seperti yang dilansir dari CNN.

Akhirnya pada tahun 2019, Pemerintah China merombak toilet di kawasan wisata. Biaya yang dikeluarkan enggak murah, China menggelontorkan uang sebanyak 21 M Yuan atau setara dengan Rp 40-an triliun.

Toilet di ChinaToilet di China Foto: (CNN Travel)

Totalnya ada lebih dari 60 ribu toilet yang dirombak di kawasan destinasi wisata. Ini dilakukan supaya turis betah untuk kembali liburan ke China.

Kampanye Revolusi Toilet mulai membuahkan hasil. Data dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China mencatat, ada sekitar 22.300 toilet baru di kawasan wisata China pada akhir tahun 2019. Itu melesat 17 persen dari target yang ditentukan.

Menurut Direktur Pelayanan Publik dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Li Hong, kini sudah ada 98 ribu toilet di tempat-tempat wisata di China. Kampanye Revolusi Toilet masih berlanjut sampai tahun 2020.

Toilet di ChinaToilet di China Foto: (CNN Travel)

Namanya revolusi, artinya tak cuma dibuat ala kadarnya. Toilet pun dikemas dengan bentuk yang unik. Sehingga turis jadi tertarik dan nyaman.

Mungkin toilet di tempat-tempat wisata sudah sedikit membaik. Tapi Pemerintah China belum bisa puas karena masih ada toilet-toilet pedesaan yang seadanya.

Menurut Bai Lin, manager Projek WTO (World Tourism Organization) China, 'mind set' atau pola pikir adalah permasalahan toilet di pedesaan. Masih banyak toilet yang ala kadarnya dan tidak diperhatikan kebersihannya.

Pelan tapi pasti, toilet China semakin membaik. Indonesia rasanya harus banyak belajar soal kesadaran sanitasi dari China. Semoga bisa dicontoh, ya.

Toilet di ChinaToilet di China Foto: (CNN Travel)

Buktinya, toilet yang ada di kawasan Forbidden City dan area wisata lain di China sudah memiliki pembatas. Kendati belum semua menyediakan air pembasuh, sudah ada petugas kebersihan yang berjaga-jaga.

(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA