Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Nov 2020 19:35 WIB

TRAVEL NEWS

Batu Cincin Pantai Mbawana yang Tinggal Kenangan

Tim detikcom
detikTravel
Sumba Barat Daya -

Batu Cincin, ikon di Pantai Mbawana, Sumba, Nusa Tenggara Timur kini sudah runtuh akibat gempa dan terjangan ombak. Penyebab runtuhnya batu cincin diduga karena gempa bumi tahun 2019.

Kabar itu disampaikan salah seorang travel influencer, Caswan Assegaf atau akrab dipanggil Awan. Kepada detikTravel, Awan menyampaikan ia mengecek langsung kondisi batu cincin itu pada Selasa (17/11/2020) sore.

Ketika sampai di sana, benar saja, batu cincin itu sudah kandas tak bersisa. Menurut informasi yang ia terima, kejadian runtuhnya batu cincin ini terjadi pada Senin (16/11/2020) malam.

"Alhamdullilah nggak ada korban yang terkena reruntuhan," katanya melalui pesan singkat.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Awan, demikian ia akrab disapa, penyebab runtuhnya batu cincin diduga karena gempa bumi yang terjadi tahun 2019. Gempa yang melanda Sumba pada September hingga November itu disinyalir membuat batu cincin perlahan terkikis habis.

Yang terbaru, gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,2 terjadi di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, NTT. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. BMKG melaporkan gempa itu terjadi pada Kamis (12/11/2020) pukul 10.48 WIB. Titik koordinat gempa berada di 9,53 Lintang Selatan dan 118,17 Bujur Timur.

"Awalnya sudah terkikis gara-gara gempa dulu. Terus semalam mungkin karena ombak," ujarnya.

Pantai Mbawana sendiri memang terkenal akan tebingnya. Selain batu cincin, barisan tebing di sana juga tak kalah indah. Mirip objek wisata 12 Apostles di Victoria, Australia.

Kawasan pantai ini terkenal akan ombaknya yang tinggi dan kerap menutupi wilayah pantai. Oleh sebab itu, banyak juga wisatawan yang menikmati pemandangan Pantai Mbawana dari Tanjung Mareha.

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT