Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Nov 2020 11:02 WIB

TRAVEL NEWS

Yuk, Jalan-jalan Virtual ke Raja Ampat Lewat Festival Bahari Raja Ampat

Bonauli
detikTravel
Raja Ampat
Raja Ampat (shutterstock)
Jakarta -

Kamu kangen Raja Ampat? Festival Bahari Raja Ampat akan diselenggarakan dan diselenggarakan secara virtual.

"Ini tahun ke 10 Festival Bahari Raja Ampat. Tahun ini berbeda karena kita sedang berada di masa pandemi," ujar Yusdi Lamatenggo, Kadispar Raja Ampat melalui webinar di Raja Ampat.

Tahun ini Festival Bahari Raja Ampat mengusung tema Alam Lestari Bagi Kesehatan. Tujuan dari festival virtual ini tak lain mempromosikan Raja Ampat di era new normal.

"Festival ini salah satu cara kita menarik kembali minat masyarakat ke Raja Ampat," ungkapnya.

Nantinya festival ini akan berlangsung pada tanggal 20-21 November 2020. Festival ini akan dibagi menjadi 4 kluster yaitu destinasi wisata, kuliner, tarian dan handycraft atau kerajinan tangan.

"Untuk mengobati kerinduan ke Raja Ampat, Painemo, Kalibiru, sampai Diving akan ditampilkan. Kemudian ada kuliner, pengenalan tari-tarian Raja Ampat, dan pembuatan handycraft langsung seperti noken, tas dan topi," katanya.

Format virtual tentu dirasa baru bagi banyak pihak, termasuk Raja Ampat. Festival virtual ini memiliki tantangan tersendiri seperti sinyal dan listrik.

"Tantangan yang paling besar, internet, tapi kami dukungan oleh PT Telkom, luar biasa. Sehingga dua-tiga hari ke depan jaringan kita akan bagus dan stabil. Hal penting dalam virtual adalah listrik," terang Yusdi.

Raja Ampat sendiri merasa terpukul dengan adanya pandemi. Selama delapan bulan, Raja Ampat sepi wisatawan. Hal ini berujung pada sepinya omset para pelaku usaha yang menggantungkan diri pada pariwisata.

"Saat ini sudah banyak yang ke Raja Ampat, kami sudah mulai bergeliat. Pandemi tidak menjadi penghalang untuk teman-teman berkreasi. Semoga kita bisa kembali," ucapnya.

Festival Bahari Raja Ampat bisa traveler nikmati virtual lewat Facebook, Live Instagram dan Youtube di akun Festival Bahari Raja Ampat mulai dari pukul 11.00-19.00 WIT.

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA