Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Nov 2020 21:17 WIB

TRAVEL NEWS

Muncul Maskapai MOM Air, Gimmick Marketing Apa Betulan?

Syanti Mustika
detikTravel
mom air
Foto: (dok MOM Air)
Jakarta -

Sebuah maskapai penerbangan baru muncul di tengah pandemi. Katanya ini maskapai budget dari Islandia bernama MOM Air. Namanya pun mengingatkan kita pada maskapai WOW Air.

Seperti yang diberitakan Lonely Planet, Sabtu (21/11/2020) maskapai dari Islandia ini menimbulkan pertanyaan baru. Katanya maskapai ini akan mengisi kekosongan dari maskapai WOW Air yang bangkrut pada tahun 2019 lalu.

Namanya maskapai MOM Air, namanya seperti menggunakan WOW Air terbalik, bukan? Maskapai ini mengklaim dirinya akan mulai terbang pada Maret 2021.

Selintas, penawaran yang diberikan oleh MOM Air mirip dengan WOW Air. Mulai dari menjalankan penerbangan hemat antara Eropa dan Amerika Serikat melalui Bandara Keflavik di luar ibu kota Islandia Reykjavík.

Serta sebagai imbalan atas biaya rendah, semua layanan di dalam pesawat bersifat opsional dan dikenakan biaya tambahan. Termasuk pilihan yang diharapkan seperti ruang bagasi dan pemilihan kursi, tetapi MOM Air telah melangkah lebih jauh dan mengatakan akan mengenakan biaya untuk tisu toilet, sabun tangan, dan menyalakan perangkat listrik.

Walau terlihat hampir sama, MOM Air mengatakan tidak ada hubungan dengan WOW Air.

MOM Air juga memiliki beberapa trik pemasaran yang tidak biasa. Salah satunya menjalankan penerbangan untuk penumpang positif COVID dan membuat dua kursi pertama di setiap penerbangan secara gratis.

Adapun misi maskapai penerbangan ini adalah untuk meningkatkan kesetaraan gender di industri penerbangan.

"Mamma menegaskan kesetaraan dengan penekanan khusus pada penyetaraan peran jenis kelamin dalam posisi manajerial dan posisi yang berpengaruh. Ibu berencana untuk mengambil bagian dalam proyek yang memperkenalkan gadis-gadis sebagai panutan dan membuka mata mereka terhadap kemungkinan masa depan, termasuk sebagai pramugari dan eksekutif," jelas situs webnya.

Kehadiran MOM Air pun menimbulkan tanda tanya, apakah ini benar maskapai baru atau semacam aksi dalam marketing? Majalah Reykjavik Grapevine pun mengatakan bahwa ini adalah potongan dari seni pertunjukan dan websitenya pun didaftarkan oleh seniman Islandia.

Mungkin kebenaran dari keberadaan maskapai MOM Air ini akan terungkap pada konferensi pers mendatang. Kita tunggu saja.



Simak Video "Kemenangan Telak Inggris Lawan Islandia Tak Berarti Apa-apa"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA