Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Nov 2020 18:03 WIB

TRAVEL NEWS

Mengapa Pesawat Hindari Terbang di Atas Pegunungan Himalaya?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pegunungan Himalaya.
Pegunungan Himalaya (Foto: dok Samde Sherpa/istimewa)
Kathmandu -

Ada beberapa wilayah yang dihindari oleh pesawat komersial, salah satunya adalah Pegunungan Himalaya. Apa alasannya?

Dilansir Simple Flying, Jumat (20/11/2020), Anda mungkin mengira tidak ada sudut bumi yang tidak diterbangi oleh pesawat modern. Nyatanya masih ada, yakni di Arktik, Antartika, dan Himalaya.

Namun, bukan berarti pesawat terbang komersial tidak pernah melewati area ini. Sebaliknya, untuk alasan keamanan, mereka umumnya memilih untuk tidak melakukannya.

Secara teknis, banyak pesawat modern dapat terbang melintasi Himalaya. Tapi itu adalah wilayah yang sangat luas, panjangnya lebih dari 2.300 kilometer dengan ketinggian rata-rata lebih dari 6.000 meter.

Puncak tertinggi adalah Everest dengan ketinggian 8.848 meter, yang berarti maskapai penerbangan komersial tidak dapat terbang di bawah FL310 dan sekitarnya. Itu segera mengesampingkan pesawat modern pada penerbangan jarak jauh, seperti Boeing 777-300.

Himalaya juga termasuk dalam wilayah perbatasan yang sensitif secara politik. China sangat membatasi akses pesawat komersial di atas Tibet, umumnya hanya mengizinkan maskapai penerbangan China untuk terbang melewati wilayah tersebut.

Baik militer China maupun India melakukan latihan ekstensif di dalam dan sekitar Pegunungan Himalaya. Mungkin ada lalu lintas militer yang cukup besar di daerah tersebut.

Pegunungan Himalaya.Pegunungan Himalaya (Foto: Samde Sherpa/istimewa)

Alasan Selanjutnya: Medan Datar yang Kurang

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pesawat Jatuh di Permukiman California, Pilotnya Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA