Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Nov 2020 23:28 WIB

TRAVEL NEWS

Meski Dikeluhkan Mahal, Garuda Tetap Jadi Maskapai Teraman di Indonesia

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Garuda Indonesia meluncurkan desain mask livery (livery pesawat dengan masker) terbaru pada armada B737-800 NG. Masker itu menampilkan motif Barong Bali.
Foto: Garuda Indonesia
Jakarta -

Garuda Indonesia meraih posisi sebagai maskapai teraman di Indonesia. Data terbaru ini dikeluarkan oleh Safe Travel Barometer.

Dilihat dari situs resminya, Jumat (20/11/2020), AirAsia mengekor di tempat kedua. Posisi terakhir ditempati oleh Lion Air dengan nilai 3,3 dari 5.

Ada beberapa faktor yang dinilai dalam penyusunan peringkat ini. Lima faktor yang jadi penilaian terdiri dari, frekuensi disinfeksi, pemeriksaan suhu, penyediaan masker wajah, formulir deklarasi kesehatan dan pemakaian masker bagi staf.

Berikut maskapai teraman di Indonesia versi Safe Travel Barometer, data terbaru November 2020:

1. Garuda Indonesia 4
2. AirAsia Indonesia 3,8
3. Citilink 3,6
4. Batik Air 3,5
5. Lion Air 3,3.

Safe Travel Barometer 2020Maskapai teraman di Indonesia (Foto: Safe Travel Barometer)

Sebelumnya, Gubernur Bali I Wayan Koster menyindir Garuda Indonesia yang mematok tarif tiket ke Bali lumayan mahal. Dia ingin wisatawan datang dengan pesawat ke Bali dengan nyaman.

Koster juga meminta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki agar menyampaikan hal tersebut disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Tohir.

Tak hanya itu, Koster meminta Teten untuk ikut serta mengkampanyekan agar wisatawan berkunjung ke Bali dengan menggunakan pesawat itu nyaman. Koster berharap di bulan Desember akan menjadi momentum yang lebih baik.

"Pak menteri kalau bisa ikut kampanye-lah kalau naik pesawat itu nyaman. Hanya kita memang harus berbicara dengan Garuda supaya ada diskon tiket untuk ke Bali sekarang ini karena mungkin penumpangnya harus 70%- 80% yang bisnisnya dinaikkan 2 kali biasanya bisnis Denpasar - Jakarta pulang pergi (PP) 7 sampai 8 juta sekarang 14 sampai 15 juta jadi mahal sekali," kata Koster dalam sambutannya dalam acara penyerahan bantuan pemerintah bagi pelaku usaha mikro (BPUM), Sabtu (14/11).

"Jadi Garuda ini kebangetan ini jadi bapak tolonglah ngomong sama Menteri BUMN, kalau Dirut Garuda kawan kuliah saya, saya sudah ngomong 'he kau jangan gitu lagi kau' jadi Desember harus lebih baik jadi momentum," tambah Koster.

Safe Travel Barometer 2020Maskapai teraman di dunia (Foto: Safe Travel Barometer)

Kembali ke data Safe Travel Barometer, penghargaan ini mulai diluncurkan pada tahun 2020 untuk memantau langkah-langkah kesehatan dan keselamatan wisatawan di seluruh dunia. Kenyamanan, dan pengalaman wisatawan secara keseluruhan akan mempengaruhi pengambilan keputusan.

Safe Travel Barometer adalah solusi B2B oleh Safe Travel Technologies, anak perusahaan independen dari VIDEC, sebuah perusahaan konsultan dan penasihat industri perjalanan.

Layanan Safe Travel Barometer mencakup di lebih dari 2.000 perusahaan di 10 kategori industri, 50 parameter, dan informasi kedatangan wisatawan di lebih dari 80 tujuan.

Berikut 10 maskapai teraman di dunia:

1. Emirates 4,4
2. Etihad Airways 4,3
3. Qatar Airways 4,2
4. Singapore Airlines 4,1
5. Air France 4,1
6. Delta Airlines 4,1
7. Vistara 4,1
8. Air China 4,1
9. Lufthansa 4,1
10. Iberia 4,1.

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA