Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Nov 2020 21:11 WIB

TRAVEL NEWS

Barcelona Bakal Larang Mobil Biar Kota Ramah Pedestrian

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pedestrian Rambla, Barcelona, Spanyol
Pedestrian Rambla, Barcelona, Spanyol (Foto: Ristiyanti Handayani/d'Traveler)
Jakarta -

Barcelona membuat langkah sederhana agar kotanya lebih ramah pejalan kaki atau pedestrian. Pemerintah kota akan melarang mobil.

Diberitakan Lonely Planet, Sabtu (21/11/2020), sebagian besar jalan di Barcelona melintasi pusat kota. Nah, nantinya jalanan itu akan bebas mobil. Bukan dalam waktu dekat, namun dekade mendatang.

Keputusan tersebut merupakan rencana baru dari pemerintah Kota Barcelona. Mereka memiliki tujuan untuk mengurangi lalu lintas dan polusi udara serta memprioritaskan pejalan kaki.

Pada tahun 2016, Barcelona memperkenalkan konsep 'superblok'. Konsep ini disebut 'superilles' di Catalunya.

Pemerintah Barcelona akan mengubah rute lalu lintas kendaraan ke pinggiran suatu area. Mereka membiarkan interior taman bermain, plaza, dan tempat penjemputan menonton sepak bola terbuka untuk pejalan kaki.

Ide ini sekarang berkembang ke lebih banyak area di Kota Barcelona. Setidaknya ada 21 jalan di lingkungan L'Eixample Barcelona akan diubah menjadi superblok baru.

Pekerjaan dijadwalkan akan dimulai pada 2022. Beberapa kendaraan masih akan diizinkan untuk mengakses area tersebut, tapi hanya untuk penghuni, pengiriman dan layanan penting.

Jalanan di Barcelona akan ditanami lebih banyak pohon. Dan lebih banyak ruang akan diberikan kepada pejalan kaki.

View dari udara BarcelonaLanskap Barcelona (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Pekerjaan pada tahun 2016 di Distrik Poblenou mengubah sembilan blok dalam Kota Barcelona menjadi superblok. Tapi implementasi L'Eixample akan jauh lebih besar dan di area yang lebih sentral, yakni di kawasan turis.

Karena besarnya superblok ini, kemungkinan besar akan diperkenalkan secara bertahap. Di sisi lain, akan ada protes dari para pengendara mobil dan sejenisnya di sana.

"Pikirkan tentang kota baru untuk saat ini dan masa depan, dengan polusi yang lebih sedikit, mobilitas baru, dan ruang publik baru,' kata Wali Kota Barcelona, Ada Colau.

Rencana besar wali kota adalah memperkenalkan superblok di seluruh kota. Meski demikian belum ada tenggat waktu yang ditetapkan.

Sebuah studi tahun 2019 dari Institut Barcelona untuk Kesehatan Global menemukan hampir 700 kematian dini dapat dicegah setiap tahun. Itu jika ada pembuatan 503 superblok dari rencana awal.

Kota-kota di seluruh dunia mengambil inspirasi dari superblok Barcelona, termasuk di Amerika Serikat. Sebuah tempat percontohan diperkenalkan di Seattle tahun lalu yang mengadopsi skema area enam blok di lingkungan Capitol Hill.

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA