Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Okt 2020 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Banjar Nagi di Ubud Masuk Daftar Lingkungan Terkeren Dunia

Femi Diah
detikTravel
Ubud
Foto: (Imam Sunarko/d'Traveler)
Jakarta -

Banjar Nagi di Ubud, Bali, masuk dalam daftar 40 World's Coolest Neighborhoods atau lingkungan terkeren di dunia tahun ini versi majalah gaya hidup Inggris, TimeOut. Daerah mana nomor satu?

Time Out, yang memiliki publikasi di kota-kota di seluruh dunia, menyusun daftar tahunan dari 40 lingkungan paling keren di dunia. Itu didasarkan kepada penilai lokal hingga lebih dari 38.000 penduduk kota saat pandemi virus Corona, periode berat bagi warga dunia.

Penentuan kawasan dengan lingkungan keren adalah yang baik itu menunjukkan kalau tetangga adalah raja dan komunitas namun bisa selaras dengan berkembangnya komunitas dan bisnis.

Nah, di antara deretan lingkungan paling keren itu, salah satunya adalah Banjar Nagi. Kawasan itu ada di Ubud, Bali.

TimeOut menyebut Banjar Nagi berada di peringkat ke-40 lingkungan terkeren sejagat. Banjar Nagi dinilai sebagai kawasan yang kehidupan masyarakat dan komunitas serta bisnis yang padu, saling menjaga.

Saat pekerja wisata di daerah lain kelimpungan karena mendadak menganggur, pemilik hotel, restoran, dan cafe di Banjar Nagi bergerak cepat dengan mengalihkan karyawannya menjadi pekerja kebun dan renovasi. Makanya, tidak ada pekerja wisata yang kehilangan pekerjaan.

Sudah begitu, banyak komunitas yang turun tangan mendonasikan beras, telur, mie instan, dan sabun untuk mereka yang membutuhkan. Penduduk setempat juga terus mendukung warung favorit mereka, seperti warung makanan Sunda untuk karedok, gado-gado, maupan warung nasi ayam.

Banjar Nagi juga belum terlalu ramai oleh turis. Alamnya juga masih asri. Selain itu, komunitas di Banjar Nagi banyak yang membuka bisnis dengan sistem berkelanjutan, sehingga masyarakat lokal tak dipinggirkan.

[Gambas:Instagram]



Kawasan mana yang menjadi nomor wahid? Adalah Esquerra de l'Eixample, Barcelona. Kawasan itu merupakan area hunian sederhana dengan arsitektur yang khas, memiliki balkon. Warga di sana saling mendukung dengan pesta dari masing-masing balkon saat COVID-19.

BarcelonaBarcelona Foto: CNN Travel

Setelah Barcelona, tiga besar secara beruntun ditempati Downtown, Los Angeles dan Sham Shui Po, Hong Kong. Dengan begitu, Hong Sham Shui Po sekaligus menjadi lingkungan terkeren di Asia.

Berikut 10 besar lingkungan terkeren versi TimeOut diduduki versi TimeOut:

1. Esquerra de l'Eixample, Barcelona
2. Downtown, Los Angeles
3. Sham Shui Po, Hong Kong
4. Bedford-Stuyvesant, New York
5. Yarraville, Melbourne
6. Wedding, Berlin
7. Shaanxi Bei Lu/Kangding Lu, Shanghai
8. Dennistoun, Glasgow
9. Haut-Marais, Paris
10. Marrickville, Sydney
--
40. Banjar Nagi, Ubud



Simak Video "Bermain Bersama Gajah Ubud Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA