Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Okt 2020 17:10 WIB

TRAVEL NEWS

Wishlist Destinasi Wisata Dunia saat Pandemi, RI Nomor 10

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Desa Wisata Panglipuran Bali
Indonesia ada di urutan 10 destinasi wisata impian versi Agoda (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Di tengah situasi pandemi COVID-19, pariwisata adalah salah satu industri yang terdampak. Ada berbagai cara untuk membangkitkan kembali industri ini, salah satunya adalah menjelajah negeri sendiri. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memasukkan destinasi lain dalam wishlist Anda, bukan?

Agoda merilis destinasi wisata yang paling dicari di situsnya sampai akhir tahun ini. Taiwan, Thailand dan Jepang adalah destinasi yang paling sering dicari.

Taiwan menjadi destinasi perjalanan teratas yang paling sering dicari oleh berbagai kelompok wisatawan, mulai dari pasangan, solo traveler, keluarga atau berkelompok. Taiwan mengalahkan juara tahun lalu yaitu Thailand, yang kini menjadi destinasi populer kedua yang paling sering dicari.

Setelah kedua negara tersebut, ada Jepang, Vietnam, Korea Selatan yang termasuk dalam lima negara terpopuler. Amerika Serikat, Australia, Hong Kong, Malaysia dan Indonesia melengkapi daftar 10 negara teratas yang paling sering dicari.

"Data Agoda menunjukkan adanya perbedaan destinasi yang dicari oleh tiap tipe wisatawan. Sebut saja Jepang dan Thailand yang berada di urutan kedua dan ketiga untuk solo traveler. Sementara wisatawan keluarga banyak mencari penawaran untuk Thailand, kemudian Vietnam. Untuk wisatawan yang bepergian berkelompok, Vietnam menjadi destinasi kedua yang paling dicari wisatawan, diikuti Thailand. Wisatawan kategori ini juga memiliki opsi destinasi yang lebih luas, termasuk Filipina dan Israel yang tidak termasuk dalam daftar top ten bagi semua tipe wisatawan," jelas Vice President of Corporate Development Agoda, Tim Hughes.

Agoda merilis destinasi wisata favorit tahun 2020.Agoda merilis destinasi wisata favorit tahun 2020. Foto: Agoda

Pada tahun 2019, ada beragam pencarian destinasi wisata di wilayah Asia Pasifik. Saat ini dengan pilihan pasar yang lebih sedikit untuk wisatawan internasional, Taiwan menjadi destinasi yang paling sering dicari oleh wisatawan domestik dan internasional Agoda.

Taiwan mendominasi destinasi utama di semester kedua 2020, dengan tujuh destinasi terpopuler dalam daftar top ten destinations - Hualien (#1), Yilan (#2), Taipei (#3), Kenting (#4), Taitung (#6), Nantou (#8), dan Taichung (#10). Hal ini menandai perubahan besar dari tahun 2019 yang memiliki opsi destinasi yang lebih beragam di berbagai wilayah di Asia.

Hualien, Yilan, dan Taipei adalah destinasi yang paling sering dicari untuk berlibur menjelang akhir 2020, dengan Hualien dan Yilan sebagai pendatang baru dalam daftar 10 destinasi terpopuler tahun ini. Bangkok dan Tokyo yang merupakan dua destinasi paling sering dicari tahun 2019, turun ke posisi tujuh dan sepuluh, sementara Taipei (#3) mempertahankan posisinya dari tahun lalu.

Hualian dengan kota pelabuhan, pantai dan jalan di pesisir pantainya adalah destinasi yang paling populer untuk semua kategori wisatawan, kecuali untuk solo traveler yang lebih memilih Tokyo. Yilan, yang dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah, Cold Spring dan kuliner setempat menjadi daya tarik kedua bagi wisatawan berkelompok dan keluarga. Kota lain dengan kekayaan alamnya yang menjadi pertimbangan wisatawan keluarga adalah kota tepi pantai Taitung dan Nantou, tempat wisatawan menemukan ketenangan dari danau Sun Moon. Wisatawan pasangan mengincar Taipei, sementara solo traveler yang lebih memilih kota besar dengan budayanya yang kaya dan kehidupan malam yang meriah, ingin mengunjungi Tokyo dan Bangkok.

Untuk wisatawan yang bepergian sebagai pasangan, tujuan wisata impian tahun ini adalah Hualian, Taipei, Bangkok, diikuti Yilan, dan Jeju Island. Wisatawan keluarga lebih banyak mencari altenatif tujuan wisata yang jarang dikunjungi orang dan tidak ramai di tahun ini, dibandingkan dengan Tokyo, Bangkok, dan Okinawa Island di tahun lalu. Daftar tujuan wisata tahun ini didominasi destinasi di Taiwan yaitu Hualien (#1), Taipei (#2), dan Yilan (#4) di daftar lima teratas, diikuti dengan Bangkok (3#) dan Jeju Island (#5) yang juga menempati posisi di dalam daftar.

Wisatawan kelompok telah mengubah pencarian mereka ke tujuan wisata pedesaan di Hualien, Yilan, Nantou, Taitung, dan Kenting hingga akhir tahun 2020, dari destinasi pantai seperti Batangas (Filipina), Pattaya (Thailand), dan Okinawa Main Island (Jepang) yang muncul sebagai tiga pencarian teratas tahun lalu.

Menariknya, untuk solo traveler, Tokyo, Bangkok dan Taipei tetap berada di posisi teratas untuk destinasi paling dicari pada tahun 2019 dan 2020, dengan kemunculan perdana Hualian (#7), Jeju Island (#8), dan Okinawa Main Island (#9) sebagai destinasi top tahun ini. Singapura, Bali dan London yang merupakan destinasi paling dicari solo traveler tahun lalu, tidak masuk ke daftar destinasi impian tahun 2020.

Setelah lama berdiam di rumah dengan pemberlakuan pembatasan perjalanan, wisatawan mengubah pencarian mereka dari destinasi terkenal menjadi tempat yang kurang dikenal dan beralih ke wisata alam dan pantai daripada mengunjungi kota.

"Ketika data pencarian Agoda menunjukkan perubahan pencarian ke destinasi domestik saat peraturan dilonggarkan untuk perjalanan domestik, orang masih berharap untuk mengunjungi destinasi internasional. Data Agoda tersebut menunjukkan bahwa masih ada keinginan besar untuk berwisata, orang suka menjelajahi negara mereka sendiri, baik saat mereka bepergian sendiri, bersama keluarga atau teman. Namun yang paling penting adalah mereka masih berharap koridor perjalanan akan dibuka tahun ini untuk beberapa pasar utama yang sudah lebih berhasil mengatasi pandemi dan mereka sedang mencari penawaran besar untuk itu," ujarnya.



Simak Video "3 Strategi Satgas Tekan Kasus Covid-19 di 12 Kab/Kota"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA