Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Nov 2020 05:33 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Colokan Listrik di Gerbong Kereta Api, Bisakah Masak Nasi?

Femi Diah
detikTravel
Masinis Kereta Api Jarak Jauh Widi saat bersiap akan bertugas di Depo Tanah Abang, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Setiap masinis kereta api sebelum bekerja diwajibkan melakukan pemeriksaa kesehatan, assement pradinas, pengecekan kondisi lokomotif dan mematuhi standar operational prosedur dalam pekerjaan masinis serta protokol kesehatan.
Ilustrasi kereta api (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Colokan listrik di gerbong kereta api menjadi viral. Penyebabnya, ada netizen menanyakan fungsinya; bisakah untuk menanak nasi?

Pertanyaan itu dicuitkan oleh akun @partokleo beberapa hari lalu. Dalam cuitannya itu, akun tersebut menyertakan foto steker listrik di dalam gerbong kereta api yang ada di dinding di tepi kursi penumpang.

"Siang admin @KAI121 mau tanya dong, ini kan di kereta ada colokan listrik, boleh gak kalau aku bawa rice cooker buat masak nasi? Soalnya perjalanan jauh pengen hemat."

Cuitan itu ditanggapi beragam oleh warganet. Saat dilihat detikTravel, cuitan itu mednapatkan 4,7 ribu retweet dan 13,3 ribu tanda like. Selain itu, juga dibalas oleh 1,8 ribu akun. Termasuk akun resmi PT KAI.

@KAI121: Selamat siang. Mohon maaf tidak bisa, stop kontak tersebut hanya diperuntukkan untuk barang elektronik seperti Charge Handphone dan Laptop. Trims.

PT KAI memang menambah steker listrik di gerbong penumpang sejak 2011. Waktu itu, steker listrik cuma ada di kereta eksekutif. Steker itu berada di bawah bar tempat meletakkan minuman.

Arus listrik yang dibuat itu adalah arus DC yang sudah diubah menjadi arus AC untuk kebutuhan kelistrikan seperti untuk mengisi daya HP, laptop, maupun barang elektronik lainnya.

Saat pemasangan steker listrik itu, PT KAI menjamin arus listrik dari steker itu aman. Sebab, meskipun kelistrikan kereta api dengan tenaga diesel, tetapi untuk mengubahnya menjadi arus AC sudah melalui regulator untuk stabilitas tegangan 220 volt.

Dalam prosesnya, steker listrik juga tersedia di gerbong kereta kelas ekonomi.

Rupanya, netizen juga tidak sungguh-sungguh mengerti soal penggunaan colokan listrik di gerbong kereta api itu. Tak sedikit warganet yang memiliki pengaman tentang itu.

@tsaradi***: Matarmaja, jkt-malang, bapa ibu depan saya bawa TV sama Speaker

@spesial_sam***: Kalo sama KAI nya katanya gabole sih tapi gw pernah sebelahan sama mbak2 lagi catokan kek gada dosa wkwkwkw yatapi Alhamdulillahnya gak njegleg listriknya

Bagaimana pengalaman traveler selama perjalanan dengan kereta api?



Simak Video "KAI Pertajam Transformasi di Bawah Kepemimpinan Erick Thohir"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA