Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Nov 2020 15:18 WIB

TRAVEL NEWS

7 Negara dan Peradaban Tertua di Dunia

Puti Aini Yasmin
detikTravel
Ragam Wisata Ethiopia
Foto: (Dok. CNN Travel)/Ilustrasi 7 Negara dan Peradaban Tertua di Dunia
Jakarta -

Negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang merupakan persekutuan masyarakat dan merupakan alat untuk mencapai tujuan bersama. Nah, kira-kira siapa negara dan peradaban tertua di dunia?

Saat ini tercatat hampir ada 200 negara yang berdiri di dunia. Bila mengacu data keanggotaan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) terdapat 193 negara yang bergabung untuk menjaga perdamaian dunia.

Negara dan Peradaban Tertua di Dunia dikutip dari All The Rooms:

  • 1. Ethiopia

Banyak sejarawan yang setuju bahwa negara pertama di dunia adalah Ethiopia. Pasalnya, ada banyak bukti berupa fragmen kerangka yang menyatakan kehidupan manusia telah ada selama jutaan tahun lalu.

Adapun, terdapat juga kerajaan tertua di dunia sebelum masehi yang dikenal dengan nama D'mt. Kerajaan ini berkembang pada tahun 980 SM. Sepanjang terbentuknya, Ethiopia tidak pernah diduduki penjajah kecuali di tangan diktator Italia Mussolini.

  • 2. Yunani

Yunani merupakan negara yang memiliki kemajuan besar dalam ilmu pengetahuan. Bahkan, bangsa tertua di dunia yang telah berkembang 5.000 sampai 6.000 tahun ini mengajarkan konsep-konsep revolusioner dunia dan menciptakan dasar peradaban Barat modern.

  • 3. Portugal

Portugal memiliki perbatasan yang kokoh hampir seribu tahun lamanya. Perbatasan tersebut telah ditetapkan sejak tahun 1139 masehi atau menjadi yang negara dan peradaban tertua di dunia wilayah Eropa.

Sebelum dikenal dengan nama Portugal, wilayah negara tersebut memiliki banyak kerajaan serta peradaban. Ibu Kotanya, Lisbon bahkan dikenal jauh lebih tua dari Roma di Italia.

  • 4. Jepang

Menurut legenda, kaisar pertama Jepang merupakan keturunan dewi matahari Amaterasu dan naik tahta pada tahun 660 SM. Walaupun tidak ada bukti nyata, dalam literatur Tiongkok tahun 300 M terdapat nama negara Jepang.

  • 5. Mesir

Mesir kuno diketahui telah ada sejak ribuan tahun. Hal itu terbukti dari budaya Mesir. seperti Hieroglif, yakni sistem penulisan tertua di dunia dan dibentuk sejak milenium ke-4 SM.

  • 6. China

Sistem pemerintahan di China yang terkenal adalah Dinasti Xia. Soalnya, kerajaan tertua di dunia ini berlangsung dari tahun 2070 sampai 1600 SM. Meskipun begitu, belum diketahui kapan dinasti pertama China berdiri.

  • 7. San Marino

Negara dan peradaban tertua di dunia terakhir adalah San Marino. Wilayah yang menjadi salah satu negara terkecil di Eropa ini resmi dibentuk pada tahun 301 Masehi.

Pendiri negara ini sendiri memutuskan untuk melarikan diri karena kepercayaannya terhadap Kristen. Negara ini di diyakini berdiri pada tahun 1600 masehi dan menjadi tertua di dunia.



Simak Video "BNPP Buat Pelatihan untuk Pengenalan Batas Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA