Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Nov 2020 13:12 WIB

TRAVEL NEWS

Jumlah dan Daftar Suku di Indonesia, Ada Berapa?

Puti Yasmin
detikTravel
Sejumlah anak-anak tengah asyik menarikan tarian tradisional suku Dayak Lundayeh di perbatasan Indonesia. Seperti apa potretnya?
Foto: Pradita Utama/Ilustrasi Jumlah dan Daftar Suku di Indonesia, Ada Berapa?
Jakarta -

Ada berbagai macam suku di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Namun, berapa jumlah dan daftar suku di Indonesia sebenarnya? Simak datanya di sini.

Dikutip dari Indonesia.go.id, berdasarkan sensus BPS tahun 2010 jumlah suku di Indonesia mencapai 300 kelompok etnik. Adapun, tepatnya ada 1.340 suku bangsa.

Jumlah dan daftar suku di Indonesia

  • Jawa

Suku Jawa menjadi kelompok terbesar yang ada di Indonesia. Pasalnya, dari jumlah populasi saat ini sebesar 41% berasal dari suku Jawa.

Kelompok suku ini biasanya mendiami wilayah provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta. Selain itu, mereka juga tersebar di beberapa wilayah, seperti Jakarta, Banten, Lampung, hingga Sumatera.

  • Batak

Suku Batak bermukim di wilayah Sumatera bagian Utara. Biasanya, mereka mendiami di beberapa kabupaten, seperti Karo, Simalungun, Dairi, Tapanuli Utara, dan Asahan.

Suku ini terdiri dari enam kategori atau puak, yakni Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola, dan Batak Mandailing.

  • Bali

Suku Bali adalah suku yang biasa mendiami pulau Bali. Suku dengan mayoritas beragama Hindu ini terbagi menjadi dua, yakni Bali Aga dan Bali Majapahit.

  • Sunda

Selain Jawa, suku Sunda menjadi salah satu daftar suku di Indonesia dengan jumlah paling banyak. Suku ini berasal dari pulau Jawa bagian Barat, seperti Bandung, Bogor, Bekasi, dan Depok.

  • Dayak

Suku Dayak atau Daya berada di pulau Kalimantan. Suku ini diperkirakan berasal dari Yunan di China Selatan yang bermigrasi sekitar 3.000-1.500 SM.

Walaupun dikenal sebagai suku Dayak, etnik ini terbagi menjadi kurang lebih 405 sub suku. Namun, secara garis besar suku Dayak terbagi menjadi enam rumpun, yakni Apokayan. Ot Danum-Ngaju, Iban, Murut, Klemantan, dan Punan.

  • Minangkabau

Suku Minangkabau merupakan etnik yang mendiami Sumatera bagian Barat. Bahasa suku ini adalah Minang dengan berbagai macam dialek tergantung daerahnya masing-masing.

  • Bugis

Suku ini berasal dari wilayah Sulawesi bagian Selatan. Walaupun begitu, Bugis termasuk ke dalam suku Deutero Melayu atau Melayu Muda.

Tak hanya biasa mendiami pulau Sulawesi, suku Bugis dikenal akan kepiawaiannya merantau. Suku Bugis banyak mendiami pulau Kalimantan hingga Sumatera.

Selamat belajar jumlah dan daftar suku di Indonesia!



Simak Video "Pemburu Babi dan Petani, Profesi Kebanyakan Suku Anak Dalam Pamenang Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA