Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Nov 2020 17:01 WIB

TRAVEL NEWS

Tidak Ada Air Zamzam untuk Jemaah Umroh Saat Pandemi

Femi Diah
detikTravel
Ilustrasi Air Zamzam
Jemaah Umroh tidak mendapatkan air zamzam tahun ini Foto: Ilustrator Andhika Akbarayansyah
Jakarta -

Wakil Sekjen (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Rizky Sembhada meminta agar agen travel penyedia umroh dan jemaah umroh tidak mengharapkan bisa membawa pulang air zamzam. Sebab, Arab Saudi tidak menyediakannya saat umroh pada pandemi COVID-19 ini.

Arab Saudi membuka pintu bagi jemaah umroh dari dua negara saat pandemi virus Corona. Yakni, cuma dari Indonesia dan Pakistan.

Pelaksanaan umroh diiringi dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Di antaranya pembatasan kuota umroh, wajib memakai masker, dan karantina di hotel di Arab Saudi sebelum jemaah bisa menjalankan umroh.

Selain itu, Arab Saudi tidak memberikan air zamzam kepada jemaah umroh kali ini.

"Saat ini, tidak ada kebijakan pemberian air zamzam, jadi pulang dari umroh kemarin tidak membawa air zamzam," kata Rizky dalam IGLive bersama detikTravel Umroh Saat Pandemi Yes or No?

"Jangan sampai jemaah protes dan travel juga menjanjikan air zamzam. Travel harus memberi tahu, jangan jadi blunder untuk travel," dia menambahkan.

Dikutip dari CNN, air zamzam memang menjadi salah satu buruan jemaah umroh. Air ini disucikan umat Islam dan dipercaya bisa memberi pengobatan.

Berdasarkan beberapa penelitian, air tersebut disebut efektif mengobati kanker dan menghambat pertumbuhan tumor. Air zamzam disebut memiliki sifat oncolytic (sifat pencegahan dan penumpasan sel kanker) yang unik. Sebab, air zamzam memiliki faktor nekrosis antitumor yang kuat (TNF╬▒) dan efek pada interleukin I (IL1).

Zamzam pun memiliki efek antiinflamasi yang kuat, sehingga mampu mengurangi peradangan, meredakan nyeri dan menurunkan demam.

Selain itu, air zamzam ini juga diteliti mampu memberikan perlindungan beberapa penyakit seperti seperti katarak kongenital, masalah nefrogenik, dan diabetes.



Simak Video "Rumah Megah Milik Kyai di Madiun yang Jadi Tempat Wisata Religi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA