Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Nov 2020 22:06 WIB

TRAVEL NEWS

Pesawat American Airlines Tabrak Burung, Kaca Depan sampai Retak

Putu Intan
detikTravel
Aircraft, Aircrafts, American Airlines, plane, planes, Livery, Exterior
Foto: Dok. American Airlines
Chicago -

Pesawat American Airlines harus kembali ke bandara lantaran kaca depannya retak usai menabrak burung. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Dilansir dari Fox News, juru bicara American Airlines menjelaskan bahwa penerbangan dari Chicago O'Hare ke Cleveland yang dioperasikan oleh Envoy Airlines di bawah merek regional American Eagle AA mengalami masalah mekanis pada kaca depan dan harus kembali ke bandara tak lama setelah lepas landas.

Maskapai sendiri tidak merinci penyebab masalah tersebut namun situs berita TMZ melaporkan diyakini ada burung yang bertabrakan dengan pesawat. Situs berita itu juga menerbitkan foto-foto yang memperlihatkan kaca kokpit retak seperti jaring laba-laba.

Beruntung pilot dapat mendaratkan pesawat dengan aman dan kembali ke bandara dengan selamat.

"Kami mengganti pesawat dan penerbangan kembali dilakukan tak lama setelah kejadian itu," kata juru bicara American Airlines.



Tidak ada laporan adanya penumpang dan awak kabin yang cedera dalam kejadian tersebut. Akan tetapi kejadian itu tetap menjadi perhatian maskapai karena berdampak pada kerusakan pesawat.

Kasus pesawat menabrak burung atau hewan liar lain bukan kali pertama ini terjadi. Di Bandara Chicago O'Hare sendiri, telah terjadi kasus serupa pada 1 November 2020.

Secara nasional, menurut Federal Aviation Administration (FAA), setidaknya ada lebih dari 17.200 kasus di bandara Amerika Serikat pada tahun lalu. Mayoritas serangan burung terjadi ketika pesawat mendarat dan lebih dari sepertiganya terjadi ketika pesawat lepas landas.

Contoh kasus yang paling terkenal adalah 'Miracle on the Hudson' yang terjadi pada 2009. Kala itu Kapten Chesley 'Sully' Sullenberger mendarat darurat di Sungai Hudson usai pesawat Airbus A320 dari US Airways yang ia kemudikan bertabrakan dengan sekawanan angsa.



Simak Video "Gerombolan Tawon Jadi Ancaman Dunia Penerbangan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA