Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Nov 2020 11:09 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Surfing Kembali Bergeliat di Tengah Pandemi

Cimaja Surf Fest Pro 2020
Foto: (dok Cimaja Surf Fest Pro 2020)
Sukabumi -

Di tengah kondisi pandemi virus Corona, wisata surfing sebagai bagian dari sport tourism kembali bergeliat. Bagaimana surfing dengan protokol kesehatan?

Lewat siaran pers yang diterima detikTravel, Kamis (26/11/2020), Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Kabupaten Sukabumi menggelar acara kompetisi olahraga selancar bertajuk Cimaja Surf Fest Pro 2020 powered by Arya's Surf Camp di Pantai Cimaja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada 21-22 November 2020 lalu.

Cimaja Surf Fest Pro 2020 merupakan kegiatan yang berlanjut dari acara webinar 'Surfing Talks: Cek Ombak Bali dan Cimaja' yang digelar Kemenparekraf/Baparekraf RI untuk mempromosikan wisata selancar pada awal November 2020.

Perhelatan wisata surfing ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti melakukan rapid test untuk seluruh panitia dan peserta lomba sebelum memulai kegiatan, membatasi jumlah peserta lomba, tidak menciptakan kerumunan di lokasi acara, menerapkan jaga jarak selama kegiatan, menjaga higienitas tangan dan barang, serta memberlakukan aturan selalu pakai masker di tempat umum.

Cimaja Surf Fest Pro 2020Jurinya berasal dari kalangan peselancar profesional (dok Cimaja Surf Fest Pro 2020)

Acara ini menghadirkan tiga orang juri dari kalangan peselancar profesional yang memiliki sertifikat juri dari International Surfing Association (ISA), yakni Diki Zulfikar, Dede Suryana dan Gigit Permana.

Ajang itu diramaikan oleh 64 surfer yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia, yakni Mentawai, Bengkulu, Carita, Jakarta, Pangandaran, Batukaras, Yogyakarta, Pacitan dan Sukabumi. Ada juga beberapa peselancar mancanegara yang sedang tinggal di Indonesia turut mengikuti kegiatan ini.

Acara ini sejalan dengan tujuan dari PSOI yang tengah menjaring atlit berbakat yang akan dapat berprestasi di ajang kompetisi olahraga selancar, sekaligus memperkenalkan dan mempromosikan Cimaja, Sukabumi sebagai destinasi wisata selancar yang akan dikenal di tingkat nasional maupun internasional.

Cimaja Surf Fest Pro 2020Para pemenang Cimaja Surf Fest Pro 2020 (dok Cimaja Surf Fest Pro 2020)

Diharapkan Cimaja Surf Fest Pro 2020 menjadi ajang untuk mencari talenta atlet-atlet peselancar baru. Hal ini dilakukan untuk mendukung pengembangan kegiatan selancar yang sudah diresmikan menjadi cabang olahraga pertandingan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Selama pandemi ini kita jarang sekali ada silaturahmi dengan para peselancar, kita jarang melihat prestasi rekan-rekan kita. Tapi dari acara Cimaja Surf Fest Pro 2020 ini kita mendapat beberapa catatan calon atlet yang akan kita kembangkan jadi atlet profesional," kata Sekretaris Jenderal PSOI Kabupaten Sukabumi Iman Nulhakim.

Pada hari pertama acara, Sabtu (21/11), seluruh peserta mengikuti babak penyisihan awal untuk menyeleksi 32 peserta. Kemudian pada hari Minggu, lomba dilanjutkan ke babak penyisihan lanjutan, babak semifinal dan babak final.

Cimaja Surf Fest Pro 2020Dihadiri juga oleh stakeholder terkait (dok Cimaja Surf Fest Pro 2020)

Nama-nama yang berhasil keluar sebagai juara dalam kompetisi selancar Cimaja Surf Fest Pro 2020 adalah juara 1 Pito dari Batukaras, peringkat kedua Erik Damian dari Cimaja, dan peringkat ketiga Andre Julian dari Cimaja serta peringkat keempat Deden S dari Cimaja.

Ada juga harapan 1 James Yusuf dari Cimaja, harapan 2 Ega Permana dari Batukaras, harapan 3 Suparman dari Cimajam dan harapan 4 Supriadi dari Batukaras.

"Alhamdulillah meski dalam kondisi pandemi kita dapat melaksanakan acara dengan lancar, sesuai harapan, dan dengan mematuhi protokol kesehatan. Semoga acara seperti ini ke depannya bisa berlanjut dan diperbanyak lagi untuk mempromosikan wisata selancar dan memacu prestasi generasi muda dalam olahraga selancar," kata Iman.

Cimaja Surf Fest Pro 2020 turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik, Koordinator Promosi Wisata Minat Khusus Kemenparekraf/Baparekraf RI Afrida Pelita Sari, GM Ciletuh Palabuhan Ratu Unesco Global Geo Park Dodi Samantri, perwakilan KONI Kecamatan Cikakak, perwakilan PSOI Provinsi Jawa Barat, perwakilan Satgas COVID-19 Daerah, perwakilan pemerintah daerah setempat, serta perwakilan komunitas selancar dari Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya.



Simak Video "5 Mahasiswa Sukabumi Diamankan Terkait Kerumunan Saat Demo!"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA