Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Nov 2020 11:45 WIB

TRAVEL NEWS

Jelang Libur Nataru, 12 Perjalanan Kereta Jarak Jauh dari Bandung Disiapkan

Siti Fatimah
detikTravel
Ilustrasi kereta api
Ilustrasi (Siti Fatimah/detikTravel)
Bandung -

Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung melakukan berbagai macam persiapan. Di antaranya telah membuka pemesanan tiket Kereta Api Jarak Jauh untuk periode liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dan menyediakan 12 perjalanan kereta.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Noxy Citrea mengatakan, saat ini masyarakat sudah dapat memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, serta chanel penjualan resmi lainnya.

"Bagi masyarakat yang ingin liburan pada periode Natal dan Tahun Baru, sudah bisa melakukan pemesanan tiket kereta api. Untuk melihat jadwal keberangkatan, tarif dan ketersediaan tempat duduk dapat mengakses aplikasi KAI Acces. Jangan khawatir atau ragu untuk bepergian menggunakan kereta api, karena KAI menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten setiap waktu," ujar Noxy dalam keterangan yang diterima detikTravel, Kamis (26/11/2020).

Lebih lanjut, pelanggan KA Jarak Jauh tetap diharuskan menunjukkan surat bebas COVID-19 yang masih berlaku pada saat keberangkatan, sedang dalam kondisi sehat, suhu tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

"Di stasiun kami siapkan tanda pembatas, handsanitizer, wastafel portabel dan himbauan untuk terus melakukan 3M. Kami juga memberikan faceshield secara cuma-cuma yang harus digunakan oleh pelanggan baik selama perjalanan maupun pada saat tiba di stasiun tujuan," tambahnya.

Ilustrasi kereta apiIlustrasi kereta api (Siti Fatimah/detikTravel)

Selain itu, pihaknya juga melakukan pembatasan kapasitas tempat duduk hanya 70 persen dari total tempat duduk yang tersedia. Petugas di atas kereta akan mobile secara rutin, membersihkan area yang sering dipegang oleh penumpang seperti pegangan pintu, toilet, dan lain-lain, serta melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang setiap 3 jam sekali.

Pihaknya mencatat pada periode 1-25 November 2020, berdasarkan data pemesanan, Daop 2 melayani sekitar 51.000 pelanggan KA Jarak Jauh, dengan rata-rata volume harian sekitar 1.500 penumpang. Hal ini menunjukkan tren positif dari sebelumnya rata-rata volume KA jarak jauh di bulan April hanya sekitar 600 penumpang per hari dan bergerak naik di bulan Agustus menjadi sekitar 1.000 penumpang per hari.

Keamanan tersebut didukung dengan didapatkannya Safe Guard Label SIBV yang mengacu pada parameter ahli dan auditor Kantor Pusat BV, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengenai protokol kesehatan yang ketat.

Terlampir juga Jadwal KA di bulan Desember 2020 di halaman berikut:

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Asyik Selfie di Rel, Wanita di Bandung Tertabrak Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA