Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Nov 2020 12:35 WIB

TRAVEL NEWS

Pak Jokowi, 75% Orang Indonesia Tak Sabaran Ingin Liburan Akhir Tahun

Putu Intan
detikTravel
Shot of a happy family out on a morning walk together
Ilustrasi liburan. (Foto: Istock) 75% masyarakat Indonesia menurut survei pegipegi sudah siap liburan akhir tahun
Jakarta -

Jelang libur akhir tahun, banyak orang sudah punya rencana untuk traveling. Survei Pegipegi bahkan mengungkap jumlahnya sampai 75%.

Berdasarkan survei Pegipegi tentang perilaku traveling akhir tahun yang dilaksanakan pada 9-16 November 2020 dan melibatkan 1.490 responden, didapatkan data bahwa sebagian besar orang sudah tak sabar ingin liburan.

Sebanyak 75 persen responden sudah mantap melakukan traveling pada 24 Desember 2020-1 Januari 2021. Mereka yakin dapat berlibur dengan lebih aman dan nyaman karena adanya protokol kesehatan.

Sekitar 66 persen responden menyatakan mereka dapat melakukan traveling bila mematuhi protokol kesehatan. Kemudian sebanyak 65 persen responden percaya bahwa tempat yang akan dikunjungi juga telah menerapkan protokol kesehatan. Dan sebanyak 30 persen responden merasa sehat sehingga tak ragu untuk bepergian.

Di samping itu, para responden juga mengungkapkan bahwa mereka sudah jenuh dan membutuhkan penyegaran (refreshing) setelah dalam waktu lama menjalani karantina mandiri.

Untuk moda transportasi, 45 persen responden rupanya masih mengandalkan mobil atau kendaraan pribadi lainnya untuk bepergian ke luar kota. Baru kemudian sebanyak 30 persen berencana untuk liburan ke luar kota menggunakan pesawat, lalu sisanya sebanyak 10 persen memilih kereta api dan 4 persen menggunakan bus atau travel.

Yang menarik, ada juga yang ingin memanfaatkan libur akhir tahun di dalam kota saja. Sebanyak 11 persen responden mengatakan akan melakukan staycation di hotel dalam kota.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, responden juga lebih memilih untuk melakukan pemesanan tiket perjalanan secara online. Sebanyak 60 persen memilih melakukan pemesanan tiket pulang dan pergi sementara 40 persen memilih pesan tiket untuk satu rute saja.

Jika 75 persen responden ingin berlibur, 25 persen responden lainnya belum berencana memanfaatkan libur akhir tahun. Sebanyak 44 persen responden bahkan belum tahu kapan mereka akan traveling kembali.

Sementara itu, 32 persen responden memiliki rencana untuk traveling pada pertengahan 2021. Lalu 15 persen responden memilih untuk traveling pada kuartal pertama 2021 dan 9 persen sisanya baru akan traveling pada akhir 2021.

Mereka yang masih enggan berlibur ini memiliki rasa khawatir akan keamanan dan keselamatan ketika bepergian. Oleh sebab itu, mereka menunda liburan sampai akhir tahun depan.



Simak Video "Pemerintah Resmi Pangkas 3 Hari Libur Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA