Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Nov 2020 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Pemerintah Putuskan Cuti Bersama Libur Akhir Tahun Besok

Tim detikcom
detikTravel
Kalender Natal dan Tahun Baru. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi liburan akhir tahun Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Pemerintah akan memutuskan soal rencana pemangkasan cuti bersama akhir tahun besok, Jumat (27/11). Hal itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

"Besok rapat dipimpin Menko PMK," ujar Tjahjo Kumolo kepada detikcom, Kamis (26/11/2020).

Keputusan pemangkasan libur akhir tahun dibahas dan ditetapkan bersama dalam Rapat Tingkat Menteri yang dipimpin oleh Menko PMK Muhadjir Effendi.

Selain Menko PMK dan MenpanRB, bakal hadir juga beberapa menteri lainnya dalam rapat tersebut seperti Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri.

"Rapat Tingkat Menteri. Yang pasti Menaker, Menag, Menpan, Mendagri. Mungkin masih ada yang lain lagi," ungkap Sekretaris Jenderal Kemenpan RB Dwi Wahyu Atmaji.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai menghadiri rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jakarta, Senin (23/11) mengatakan Presiden Joko Widodo mengarahkan adanya pemangkasan cuti bersama Desember 2020.

"Beliau juga menginstruksikan supaya ada rapat koordinasi antara Kemenko PMK dengan kementerian/lembaga terkait," tandas Muhadjir.

Libur panjang diyakini banyak kalangan menambah jumlah transmisi COVID-19. Beberapa waktu lalu Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menduga kenaikan kasus Corona di Indonesia karena efek long weekend pada akhir Oktober lalu.

Wiku mengatakan hal tersebut berkaca pada pengalaman pasca-libur panjang Idul Fitri, Idul Adha, dan Hari Kemerdekaan. Oleh karena itu, Wiku menilai rekor kasus Corona di Jakarta kemarin diduga karena efek libur cuti bersama.

"Efek suatu event yang menimbulkan kerumunan dan penularan, biasanya baru terlihat dampak peningkatannya (dengan asumsi testing dilakukan seperti biasanya) dalam 10-14 hari kemudian," kata Wiku.

"Jadi kalau sekarang meningkat itu kemungkinan terkait libur panjang 28 Oktober-1 November," imbuhnya.

Travelers bisa mengikuti polling soal perlukah cuti bersama Desember 2020 dipangkas di link bawah ini:

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA