Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Nov 2020 12:04 WIB

TRAVEL NEWS

Kapal Kandas, 400 Penumpang Terdampar

Kapal MS Viking Grace kandas
Kapal MS Viking Grace kandas (Foto: CNN)
Helsinki -

Sekitar 400-an penumpang kapal pesiar MS Viking Grace terdampar. Kapal yang digunakan untuk layanan feri ini kandas.

Diberitakan CNN, Jumat (27/11/2020), sekitar 331 penumpang dan 98 anggota anak buah kapal (ABK) terdampar. Itu setelah MS Viking Grace, sebuah kapal feri penumpang yang berukuran besar, kandas Sabtu sore lalu di lepas pantai Mariehamn.

Lokasi tepat kandasnya ada di Kepulauan Aland, menurut Penjaga Pantai Finlandia. Tidak ada yang cedera dalam sebuah laporan awal.

Insiden tersebut terjadi di saat kapal feri Viking Line berlayar antara Stockholm di Swedia dan Turku di Finlandia. Ada persinggahan singkat dalam perjalanannya yang direncanakan di Mariehamn.

Menurut pernyataan yang dirilis oleh Viking Line di Finlandia, kapal itu terdampar di lepas pantai pada pukul 15.49 waktu setempat. Afiliasi CNN, MTV3, melaporkan bahwa angin kencang bertiup di daerah tersebut pada saat kapal berlabuh.

Video di media sosial dari para saksi di pulau itu menunjukkan adanya gelombang badai. Angin kencang menghantam haluan kapal MS Viking Grace hingga menyebabkan kapal itu terjepit di garis pantai.

Penyelam dari Penjaga Pantai Finlandia memeriksa lambung kapal MS Viking Grace yang terdampar dan mengatakan tidak ada air yang masuk atau bahan bakar yang bocor. Para penumpang diberitahu bahwa mereka akan tetap berada di kapal semalaman dan akan diselamatkan pada hari Minggu kemarin.

Kapal MS Viking Grace kandasKapal MS Viking Grace kandas Foto: CNN

"Besok pagi akan ada rencana untuk mengungsi melalui kapal tunda," kata Letnan Lars Saarinen dari Distrik Penjaga Pantai Finlandia Barat kepada CNN.

Berukuran panjang 218 meter dan memiliki 10 dek, MS Viking Grace dibangun untuk membawa hampir 3.000 penumpang. Namun, kapasitas di atas kapal telah dibatasi karena pandemi COVID-19.

Viking mengoperasikan beberapa feri sehari antara Turku dan Stockholm. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 10 jam dalam sekali perjalanan.

MS Viking Grace adalah kapal Viking Line kedua yang kandas di Pulau Aland, dalam dua bulan terakhir. Wilayah di Finlandia ini berbahasa Swedia dan terletak di Laut Baltik.

Pada bulan September, feri penumpang Viking Line lainnya, MS Amorella, juga kandas di Kepulauan Aland. Lorong-lorong sempit dan perairan dangkal merupakan ciri khas perairan di sekitar pulau itu.

Keadaan ini menjadikannya wilayah yang menantang untuk mengoperasikan kapal-kapal besar.



Simak Video "Anti Mainstream! Lamborghini Siapkan Pesiar Rp 50 M untuk Para Sultan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA