Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Nov 2020 15:29 WIB

TRAVEL NEWS

Pemangkasan Cuti Bersama Desember 2020 Dibahas Lagi Pekan Depan

Tim detikcom
detikTravel
kalender
Ilustrasi liburan akhir tahun Foto: thinkstock
Jakarta -

Rapat internal para menteri hari ini yang membahas rencana pemangkasan cuti bersama Desember 2020 belum membuahkan hasil. Rapat akan dilanjutkan pekan depan.

"Hari ini belum diputuskan," ujar Sekretaris Jenderal Kemenpan RB Dwi Wahyu Atmaji kepada detikcom, Jumat (27/11/2020).

Rapat pemangkasan cuti bersama Desember 2020 ini bakal dilanjutkan lagi pekan depan. "(Rapat dilanjutkan) Senin (pekan depan)," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB telah digelar Rapat Tingkat Menteri yang dipimpin oleh Menko PMK Muhadjir Effendi secara virtual. Rapat itu dihadiri oleh Menko PMK, MenpanRB, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri dan jajaran menteri terkait lainnya.

Rapat ini berangkat dari usulan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang ingin memangkas cuti bersama akhir tahun tersebut dengan salah satu alasannya demi mencegah penyebaran COVID-19.

Sebelum wacana itu, seharusnya cuti bersama Desember 2020 akan dimulai dari tanggal 28 sampai 31. Cuti bersama tersebut merupakan pergeseran dari jadwal yang sebelumnya ditetapkan pada 26-29 Mei 2020.

Sebelumnya, libur panjang kerap berujung pada bertambahnya klaster baru virus Corona (COVID-19). Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan perlu ada pembahasan khusus mengenai libur cuti bersama Desember 2020.

"Secara khusus akan kita bicarakan mengenai libur panjang yang nanti akan ada di bulan Desember," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/11).

Presiden Jokowi memberikan arahan khusus terkait libur panjang akhir tahun 2020. Jokowi meminta ada pengurangan hari libur pada akhir tahun ini.

"Yang berkaitan dengan masalah libur cuti bersama akhir tahun, termasuk libur pengganti cuti bersama hari raya Idul Fitri, Bapak Presiden memberikan arahan supaya ada pengurangan," kata Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/11).



Simak Video "Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 Jelang Libur Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA