Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Nov 2020 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Akhirnya, Turki Buka Situs Arkeologi Berumur 2.900 Tahun

Bonauli
detikTravel
Little girl waving Turkish flag on sunny beautiful day
Ilustrasi bendera Turki (Getty Images/iStockphoto/atakan)
Ankara -

Traveler yang liburan ke Turki akan punya lebih banyak pilihan destinasi. Kini, salah satu situs bersejarahnya akan dibuka untuk umum.

Dilansir dari berbagai sumber, reruntuhan Benteng Altintepe di Kota Uzumlu, Provinsi Erzincan jadi salah satu pemukiman paling penting dan bersejarah di Turki. Di bangun di atas bukit, benteng ini punya pemandangan yang indah.

Sejarahnya, benteng ini masuk dalam pemukiman Urartu di zaman Kekaisarann Romawi Timur atau dikenal dengan nama Kekaisaran Bizantum.

Benteng Altintepe masuk dalam jalur sutera dan menjadi pusat Kekaisaran Bizantiaum. Kastilnya ini dibangun selama periode Kerajaan Urartu.

Dari reruntuhan diketahui bahwa situs dibangun pada 850-590 SM. Usia situs ditaksir berumur 2.900 tahun.

Para arkeolog Turki telah lama melakukan penggalian di sana dari tahun 2003-2019. Di dalamnya terdapat ratusan artefak bersejarah. Wajar saja kalau butuh banyak waktu untuk melakukan penggalian.

Penggalian tersebut dilakukan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dan Universitas Ataturk. Menurut Mehmet Karaosmanaglo, kepala Departemen Arkeologi di Universitas Atarturk, bangunan batu bata dari periode Urartu hancur akibat gempa bumi di wilayah tersebut.

"Ruang resepsi di kastil, milik periode Urartu, adalah yang terbesar dan satu-satunya contoh yang ditemukan di Anatolia sejauh ini," ujarnya.

Dari penggalian ditemukan tiga makam di bagian selatan situs. Para arkeolog menemukan sarkofagus atau tempat penyimpanan jenazah yang masih bagus. Saking bagusnya, sarkofagus yang ditemukan disebut sebagai satu-satunya spesimen terindah dari Kerajaan Urartu.

Situs ini akan menjadi taman arkeologi untuk wisatawan. Semoga setelah pandemi, kamu bisa berkunjung ke Turki ya, traveler!

(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
DMentor
×
Bisnis Untuk Si Introvert
Bisnis Untuk Si Introvert Selengkapnya