Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Nov 2020 14:12 WIB

TRAVEL NEWS

4 Desa Wisata Ini Tawarkan Agrowisata, Apa Keistimewaannya?

Kebun warna-warni
Foto: dok. Indonesia Travel
Jakarta -

Indonesia menyimpan potensi alam yang melimpah, mulai dari pegunungan hingga perairan terhampar lengkap di bumi Nusantara. Kekayaan alam itu melahirkan potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ada beragam daya tarik wisata alam yang dapat dinikmati wisatawan domestik dan mancanegara di Indonesia. Salah satunya, yakni menikmati keindahan lahan pertanian dan perkebunan di destinasi agrowisata.

Belakangan ini, agrowisata semakin digemari oleh wisatawan. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat merasakan hasil pertanian dan perkebunan seperti sayur dan buah-buahan segar yang dipetik langsung dari pohonnya.

Lewat agrowisata, orang dewasa maupun anak-anak akan mendapatkan pengetahuan seputar aktivitas pertanian dan perkebunan. Ditambah lagi hamparan lahan pertanian dan perkebunan menyajikan panorama yang syahdu, jauh dari ingar bingar kota.

Berwisata ke destinasi agrowisata akan menjadi kegiatan menyenangkan. Sebab, kamu bisa mendapatkan suasana yang sejuk dan segar untuk menghilangkan kejenuhan dan rasa stres.

Berikut ini rekomendasi agrowisata unggulan yang bisa kamu temui hanya #DiIndonesiaAja.

1. Desa Besur, Lamongan

Berfoto dengan background bunga di Desa Besur (Foto: Dok. Detikcom)

Desa Besur menjadi salah satu destinasi agrowisata populer di Indonesia. Di desa yang berada di Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini wisatawan akan mendapati lahan sawah seluas satu hektare yang telah disulap menjadi lokasi wisata.

Area tersebut sebelumnya merupakan tempat sekolah pertanian yang dialihfungsikan menjadi tempat wisata pertanian. Di lokasi tersebut, anak-anak dan orang dewasa bisa merasakan pengalaman belajar bertani dan mengenal beragam komoditas pertanian, seperti padi, sayuran, buah-buahan.

Hasil pertanian berupa sayur mayur dan buah-buahan segar dapat dinikmati para pengunjung. Selain itu, wisatawan akan disuguhkan pemandangan bunga-bunga yang segar dan eloknya pemandangan alam pedesaan.

2. Taman Suruh, Banyuwangi

Berkunjung ke Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur, wisatawan akan menemukan lokasi agrowisata Taman Suruh. Tempat ini memiliki luas sekitar 10 hektare.

Di sana, wisatawan dapat melihat proses penanaman, hingga mencicipi sayur serta buah-buahan organik yang dipetik langsung dari kebun. Di taman ini juga tersedia padi hitam organik, 33 varietas melon serta bunga-bunga cantik yang akan memberikan terapi menyenangkan buat hati dan pikiran. Keindahan di tempat wisata ini juga sangat bagus dijadikan latar belakang foto.

3. Desa Sebatu, Bali

Tempat proses pembuatan kopi di Kamulilir (Foto: Dok. Detikcom)

Di Bali, kamu tidak hanya bisa menikmati wisata di pesisir pantai, ada juga pilihan agrowisata untuk disambangi. Agrowisata di Bali, salah satunya terdapat di Kamulilir, Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

Di Kamulilir, pengunjung akan dimanjakan dengan lanskap hutan dan sawah yang akan menghijaukan mata. Tempat ini cocok untuk bersantai sambil menikmati sejuknya udara dataran tinggi.

Pencinta kopi juga dapat menikmati beragam jenis kopi khas Pulau Dewata hingga kopi luwak di kedai Kamulilir. Kombinasi udara sejuk, panorama alam pedesaan, dan seduhan kopi akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung Kamulilir.

4. Desa Kembang Kuning, Lombok Timur

Foto: Dok. detikcom

Di desa yang berada di Kecamatan Cikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, wisatawan disuguhkan pemandangan teduh khas pedesaan. Berbagai kegiatan dapat dilakukan di sana, mulai dari menyusuri area persawahan hijau nan luas, merasakan sejuknya mandi di air terjun, hingga ikut warga setempat bercocok tanam.

Selain itu, di Desa Kembang Kuning wisatawan bisa ikut mengolah kopi bersama warga setempat. Pengunjung akan diajari cara mengolah kopi, mulai dari memilih biji kopi, mencuci, melakukan sangrai, menumbuk hingga proses pengemasan. Saat datang ke Desa Kembang Kuning, wisatawan tak hanya sekadar membeli kopi, tapi juga merasakan pengalaman berbaur dengan warga hingga mendapatkan pengetahuan mengolah kopi.

Di sore hari, wisatawan bisa merasakan suasana desa nan syahdu sambil menikmati secangkir kopi olahan warga lokal.

Itu dia empat rekomendasi tempat agrowisata #DiIndonesiaAja yang sangat cocok dikunjungi untuk mendapatkan ketenangan dan pengalaman berwisata sambil bertani atau berkebun. Keempat desa wisata tersebut bisa banget masuk ke bucket list untuk kamu kunjungi saat pandemi ini sudah berakhir

Namun, di masa pandemi lokasi agrowisata juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pengunjung yang datang wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan disediakan tempat untuk mencuci tangan agar terhindar dari penularan COVID-19. Dengan disiplin protokol kesehatan, kamu dapat berwisata dengan nyaman dan tenang.

(prf/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA