Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Des 2020 05:40 WIB

TRAVEL NEWS

Wah! Ikan Kakap Tertua Dunia Umurnya 81 Tahun

Bonauli
detikTravel
midnight snapper tertua dunia
Midnight snapper ( Australian Institute of Marine Science)
Rowley Shoals -

Penemuan terbaru datang dari Australia Barat. Peneliti di sana temukan ikan kakap lansia.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (3/12/2020) ikan kakap ini berjenis Macolor macularis atau disebut dengan nama midnight snapper. Midnight snapper hidup di laut Pasifik Barat.

Penemuan ini dilakukan oleh tim peneliti dari Ilmu Kelautan Australia tahun 2016. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana perubahan suhu laut dapat mempengaruhi biologi ikan.

Dr Brett Taylor, seorang ahli biologi yang memimpin penelitian ini mengaku kaget ketika mengetahui bahwa sampel dari penelitiannya berumur 81 tahun. Dari tempat penelitian di Rowley Shoals, Australia Barat, Taylor langsung mengirimkan email kepada koleganya.

"Apakah ini nyata?" tulis Taylor.

Rowley Shoals adalah kumpulan atol di Samudera Hindia. Di sana terdapat ekosistem terumbu karang yang sehat dan sangat beragam. Terbukti dengan adanya midnight snapper yang berumur panjang di sana dan jadi ikan karang tertua dunia.

Tim peneliti berhasil menganalisa pita pertumbuhan tahunan tulang telinga untuk memperkirakan usia ikan. Penemuan ini mendorong batas usia maksimum ikan karang menjadi 20 tahun lebih tua.

"Sampai sekarang, ikan tertua yang kami temukan di perairan dangkal tropis berusia sekitar 60 tahun. Kami telah mengidentifikasi dua spesies berbeda di sini yang menjadi octogenarian dan mungkin lebih tua," tambah Taylor.

Penelitian ini mengambil 3 jenis ikan sebagai sampelnya yaitu, kakap merah(Lutjanus bohar), Midnight snapper (Macolor maculari), dan black white snapper (Macolor niger). Sampe ini diambil dari empat lokasi mulai dari Kepulauan Chagos di Samudera Hindia tengah hingga pantai Australia Barat.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ikan yang hidup di dekat ekuator memiliki harapan hidup maksimum 50 tahun, sementara ikan kakap berusia 80 tahun ini hidup di daerah dengan lintang yang tinggi dengan suhu lebih dingin.

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA