Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Des 2020 15:07 WIB

TRAVEL NEWS

Tol Pekanbaru Dumai Tingkatkan Wisatawan yang Berkunjung ke Rupat

Foto udara Tol Pekanbaru-Dumai di Riau, Sabtu (26/9/2020). Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Kilometer ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 26 September kemarin dan merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer. ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.
Tol Pekanbaru-Dumai dari udara (ANTARA FOTO/FB Anggoro)
Bengkalis -

Semenjak hadirnya Tol Pekanbaru-Dumai, nama Pulau Rupat di Kabupaten Bengkalis, Riau kian terangkat. Jumlah wisatawan pun makin meningkat.

Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual pada 25 September 2020 lalu, Tol Pekanbaru-Dumai atau disingkat Tol Permai memangkas jarak tempuh awal yang sedianya memakan waktu empat hingga lima jam via jalur darat menjadi satu setengah jam saja.

Selain itu, Tol Permai juga membuka akses wisatawan dari Kota Pekanbaru yang ingin berwisata pantai di Pulau Rupat yang masuk salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia.

Dalam ekspedisi Tapal Batas detikcom yang didukung oleh Bank BRI, detikTravel berkesempatan menyusuri Tol Permai yang baru diresmikan Presiden Jokowi dalam perjalanan menuju Pulau Rupat via Dumai.

Menggunakan kendaraan elf dengan kecepatan sedang, perjalanan dari Kota Pekanbaru menuju Dumai ditempuh dengan durasi satu setengah jam saja via Tol Permai. Secara teknis, tol tersebut memang memangkas jarak sekitar 70 Km dari yang dahulu adalah sekitar 200 Km via jalan nasional.

Hal itu diungkapkan oleh Pelaksana Jabatan (PJ) Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi saat ditemui detikTravel di Pekabaru.

"Sebagai efek dari adanya tol yang diresmikan bapak Presiden. Tol Permai yang jaraknya lebih kurang 130 Km, yang akses masyarakat satunya dulu memakan waktu 5-6 jam dan sekarang cukup ditempuh dengan 1,5 jam saja," ujar Abdi.

Tak hanya bicara efisiensi waktu, hadirnya Tol Permai juga membuat wisatawan di Kota Pekanbaru mulai melirik Pulau Rupat sebagai destinasi wisata. Padahal sebelumnya, wisatawan Pekanbaru lebih melirik pantai di Sumatera Barat.

"Kita baca pola masyarakat Kota Pekanbaru selama ini untuk berwisata mencapai akses pantai perlu waktu enam sampai delapan jam, tujuannya ke provinsi tetangga Padang, Sumatera Barat. Hari ini kalau masyarakat Pekanbaru 1,5 jam bisa ke Dumai, Dumai ke Rupat naik Roro (kapal pengangkut barang dan penumpang - red) dia sudah sampai Rupat," jelas Abdi.

Hanya walau Tol Permai memangkas waktu yang cukup signifikan dari Pekanbaru ke Dumai, akses infra dari Kecamatan Rupat menuju Kecamatan Rupat Utara yang sarat destinasi wisata masih terbilang buruk. Di mana hal itu menghambat aksesibilitas wisatawan.

Selanjutnya Perjalanan Menuju Destinasi di Rupat Utara

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA