Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Des 2020 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Santuy! Pembersih Sampah di Gunung Tianmen Ini Bergelantungan Bak Spiderman

Femi Diah
detikTravel
Amazing road in Tianmen Mountain, Zhangjiajie National Park, China
View di Gunung Tianmen tempat kerja Yang Feiyue (iStock)
Jakarta -

Dia bukan Peter Parker si Spiderman, namun biasa bergelantungan di ketinggian 400 meter di udara cuma bermodalkan tali. Dia Yang Feiyue pengumpul sampah yang tidak biasa.

Peter Parker akan dengan mudah bergelantungan dengan bantuan jaring laba-laba saat telah menyublim menjadi Spiderman. Kemampuannya digunakan untuk menyelamatkan orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

Berbeda dengan Feiyue. Pria berusia 48 tahun itu tidak memakai kostum khusus untuk berada di ketinggian, dengan cara bergelantungan, persis Peter Parker yang berkostum Spiderman.

Yang Feiyue hanya mengandalkan tali untuk naik turun tebing di pegunungan Tianmen di China tengah. Kawasan itu memang indah dan menjadi favorit pelancong, namun sampah yang dihasilkan juga menjadi banyak. Baik sampah plastik atau limbah lainnya.

Nah, Yang Feiyue dan tim dialah yang bertugas membersihkannya.

"Apa aku takut?" kata Yang sambil melangkah melewati pagar pembatas dan dikutip AFP.

"Tidak, aku sudah terbiasa," dia menambahkan.

Kepiawaian itu membuat Yang dan tim dijuluki "the Spidermen" oleh media lokal.

Yang Feiyue turun dan bergelantungan di tebing curam. Dia dan tim memungut sampah yang dibuang oleh turis dengan telaten.

Ada pembagian tugas di antara mereka. Rekan-rekan Yang Feiyue berdiri di puncak memegang erat talinya. Sebagai pengaman, mereka mengikatkan diri pada batu. Yang Feiyue yang mengambil sampah-sampah plastik itu.

Setelah selesai, Yang Feiyue diangkut dengan ditarik. Selalu saja, kantong sampahnya penuh dengan botol air, kemasan, dan tisu.

Adakah bekal lain di samping tali pengaman?

"Saat hujan turun, kami mendapatkan ponco sekali pakai dan sejak pandemi virus Corona, kami juga mendapatkan masker wajah," dia menjelaskan.

Tim Yang Feiyue dibentuk pada tahun 2010 oleh manajemen Gunung Tianmen memang khusus untuk menangani sampah yang menumpuk di sana. Banyaknya stand yang menjual makanan dan minuman di tempat-tempat wisata menjadi sumber utama pengemasan yang terkadang akhirnya terlempar ke tanah atau dari tebing.

Sejatinya, sampah bukan cuma persoalan di Gunung Tianmen, namun terjadi hampir di seluruh tempat wisata China. Kampanye di sekolah dan media telah meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat, seiring dengan peningkatan tempat sampah daur ulang di ruang publik.

"Dalam 10 tahun terakhir, kami telah melihat semakin sedikit membuang sampah sembarangan," kata Ding Yunjuan, wakil direktur pemasaran untuk gunung tersebut.

"Sebelumnya, 'Spidermen' kami mengumpulkan 5 ton sampah setahun. Turis saat ini lebih beradab," dia menambahkan.

Meski begitu, Yang Feiyue dan rekan-rekannya mengumpulkan 2 ton pada tahun 2020, terlepas dari kenyataan bahwa pandemi virus Corona secara signifikan mengurangi jumlah pengunjung.

Tidak mengherankan, pekerjaan itu menuntut secara fisik.

"Awalnya, tangan saya sangat sakit setelah seharian bekerja. Saya hampir tidak bisa menggunakan sumpit untuk makan. Tapi sekarang jauh lebih baik!" ujar Yang Feiyue kemudian tertawa.

Dia mengatakan akan terus menuruni lereng gunung selama diperlukan.

Malah, kini Yang Feiyue menikmati julukan 'Spiderman'. Dia makin bersemangat untuk turut menjaga pelestarian gunung.

"Kami bertindak demi keindahan situs itu," katanya.

"Jadi aku tidak keberatan mengerjakannya!" dia menegaskan.



Simak Video "Lagi-lagi 'Spiderman' Prancis Panjat Gedung Tinggi Tanpa Pengaman"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA