Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Des 2020 21:28 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Gunung Sedunia, Siapa yang Masih Suka Nyampah?

Sedekah Gunung Merapi di Malam 1 Suro
Gunung Merapi (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Jakarta -

11 Desember adalah peringatan Hari Gunung Sedunia. Di momen saat ini, masih adakah di antara traveler yang suka buang sampah sembarangan?

Mengutip unggahan akun Instagram resmi Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Jumat (11/12/2020), FAO (Food and Agriculture Organization) mengusung tema 'Mountain Biodiversity' pada peringatan Hari Gunung Sedunia tahun ini.

Apa tujuan dari tema besar FAO itu? Pesan di dalamnya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati pegunungan yang ekosistemnya yang mulai rapuh.

Berikut ini pernyataan lengkap Balai Taman Nasional Gunung Rinjani untuk memperingati Hari Gunung Sedunia:

Semeton Rinjani beberapa tahun belakangan, mendaki gunung menjadi tren di kalangan anak muda. Mendapatkan pemandangan yang indah saat berada di atas gunung menjadi salah satu hal yang lumrah dinikmati oleh para pendaki.

Sayangnya, meningkatkan minat untuk mendaki gunung belum diiringi dengan peningkatan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan di gunung. Banyak para pendaki yang masih meninggalkan jejak sampahnya di gunung.

Tahun ini FAO (Food and Agriculture Organization) mengusung tema "Mountain Biodiversity" untuk memperingati Hari Gunung Sedunia yang diperingati setiap tanggal 11 Desember.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati pegunungan yang ekosistemnya yang mulai rapuh.

Semeton Rinjani, dengan adanya peringatan Hari Gunung Sedunia, harapannya para traveler, khususnya pendaki dapat mengerti dan menerapkan pentingnya menjaga kebersihan serta kelestarian gunung. Hal sederhana yang dapat dilakukan yaitu dengan membawa kembali pulang sampah yang ada di atas gunung.

Mari Jaga, Mari Peduli! Selamat Hari Gunung Sedunia Tahun 2020 Salam Lestari! Salam Konservasi!

[Gambas:Instagram]

Sementara itu, FAO mengatakan bahwa gunung adalah rumah bagi seperempat kekayaan hayati di darat. Gunung adalah sumber berbagai tumbuhan, hewan penting bagi kehidupan manusia.

Hari ini adalah Hari Gunung Sedunia! 🌄

Tahukah Anda bahwa pegunungan mendukung sekitar seperempat keanekaragaman hayati darat?

Pegunungan 👇🏻
⛰️ adalah rumah bagi berbagai tumbuhan dan hewan 🍀🐃
⛰️ adalah sumber dari banyak spesies tanaman dan ternak terpenting di dunia 🍅🥔🍏🐐

Mereka juga memberi kami banyak barang dan jasa, seperti 👇🏻
🔸 makanan
🔸 air
🔸 obat
🔸 regulasi iklim & kualitas udara
🔸 pemandangan indah untuk pariwisata

Jadi, traveler yang suka mendaki jangan meninggalkan apa pun kecuali jejak, membunuh apapun kecuali waktu dan mengambil apapun kecuali foto ya! Dan, selamat Hari Gunung Sedunia.

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA