Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Des 2020 22:33 WIB

TRAVEL NEWS

Pembagian Zona Waktu di Indonesia, WIB, WITA, dan WIT

Puti Yasmin
detikTravel
Melihat Lebih Dekat PLBN Motaain

Suasana Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Motaain di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu, Sabtu (04/04/2017). PLBN Motaain merupakan satu dari tujuh PLBN yang dipugar pemerintah, dengan tujuan mengubah kawasan tertinggal dengan tujuan di mana kawasan terluar harus jadi beranda depan Indonesia, bukan lagi sebagai halaman belakang yang kurang diperhatikan. Grandyos Zafna/detikcom


-. PLBN Motaain yang berdiri diatas lahan mencapai 4,62 ha.

-. Bangunan PLBN Motaain meliputi zona inti yang terdiri dari bangunan utama PLBN, gedung pemeriksaan kendaraan dan power house. 

-. Arsitektur atapnya berbentuk rumah adat masyarakat Belu, dengan ornamen sun shading pada atap gedung pemeriksaan kendaraan pribadi mengadaptasi corak tenun setempat.  

-. Di bagian terdepan atau perbatasan Indonesia dan Timor Leste, terdapat gerbang lintas batas negara yang dihiasi ornamen tulisan Motaain Indonesia, dan jembatan transisi, di mana warna merah putih bersanding dengan warna khas negara Timor Leste, merah, kuning dan hitam.

-.
Foto: Grandyos Zafna/Pembagian Zona Waktu di Indonesia, WIB, WITA, dan WIT
Jakarta -

Letak astronomis Indonesia menyebabkan adanya tiga zona waktu, yakni Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Nah, bagaimana pembagian zona waktu di Indonesia?

Secara astronomi, Indonesia berada di 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Akibatnya, perbedaan waktu WIB dan WITA serta WIT adalah 1 jam selisihnya.

Zona Waktu Indonesia:

Pembagian waktu didasarkan pada kisaran waktu internasional yang terletak di kota Greenwich, Inggris atau yang disebut Greenwich Mean Time (GMT). Berikut pembagian waktu di Indonesia beserta daerahnya adalah sebagai berikut

  • 1. WIB

Zona wilayah ini berada di garis bujur 105° BT dan memiliki beda waktu satu jam lebih lambat dari WITA dan dua jam lebih lambat dari WIT. Wilayah ini berselisih waktu 7 jam lebih awal dari GMT.

Adapun, zona ini meliputi Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Jawa, Madura, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya (Bangka, Belitung, Karimunjawa).

  • 2. WITA

Secara garis, wilayah ini berada di garis bujur 120° BT sehingga memiliki beda waktu satu jam lebih cepat dari WIB dan satu jam lebih lambat dari WITA. Wilayah ini berselisih waktu 8 jam lebih awal dari GMT.

Adapun, wilayah ini meliputi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

  • 3. WIT

Daerah ini berada di garis bujur 135° dan memiliki beda waktu satu jam lebih cepat dari WITA dan dua jam lebih cepat daripada WIB. Wilayahnya meliputi, Maluku, dan Papua. Wilayah ini berselisih waktu 9 jam lebih awal dari GMT.

Selamat belajar pembagian zona waktu di Indonesia!



Simak Video "KPK Klaim Beri Pendidikan Antikorupsi 7 Juta Warga Sejak Awal 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA