Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Des 2020 07:05 WIB

TRAVEL NEWS

Unik! Beberapa Negara Ini Rayakan Tahun Baru dengan Cara Berbeda

Angga Laraspati
detikTravel
kembang api
Foto: shutterstock
Jakarta -

Perayaan tahun baru yang sebentar lagi kita rasakan selalu identik dengan serangkaian acara menarik, mulai dari berkumpul dengan keluarga hingga kembang api yang mewarnai langit-langit kota. Namun, tahukah kamu di beberapa negara ada yang merayakan tahun baru dengan cara yang berbeda?

Dilansir dari Insider, beberapa negara di dunia punya cara unik dalam merayakan tahun baru selain menyalakan kembang api. Berikut ini adalah beberapa negara yang melakukan tradisi unik tersebut.

Spanyol

Negara Matador punya cara tersendiri dalam merayakan hari tahun baru. Mereka menyebutnya dengan tradisi '12 Anggur'. Pada tengah malam, biasanya orang-orang Spanyol akan mengisi mulutnya dengan 12 anggur yang satu persatu setiap 1 detik setelah tengah malam untuk keberuntungan.

Setiap satu buah anggur akan mewakili satu buah dalam satu tahun dan harus dimakan tepat di tengah malam. Orang-orang Spanyol mempercayai jika seseorang tidak berhasil memakan semua 12 buah anggur maka akan dianggap sial pada tahun yang baru.

Denmark

Di Denmark, perayaan tahun baru juga dirayakan dengan penuh keramaian dan juga kebisingan. Tapi bukan karena kembang api, melainkan pecahan kaca dari porselen yang sudah tidak terpakai. Orang-orang Denmark percaya pecahan kaca akan membawa keberuntungan di tahun yang baru dan mereka pun akan memecahkan porselen tersebut di depan rumah kerabatnya. Jadi semakin besar tumpukan kaca di depan pintu seseorang, maka semakin populer orang tersebut.

Yunani

Malam Tahun Baru atau orang Kreta, Yunani mengatakannya sebagai Protochronia. Di malam tersebut, orang-orang Kreta akan menggantungkan bawang di depan pintu sebagai tanda kelahiran kembali atau pertumbuhan kembali.

Tradisi yang tidak biasa ini mengacu pada bawang laut atau Squill yaitu sebuah tanaman beracun yang tumbuh di Kreta dan menyerupai bawang bombay besar. Dengan meletakkan bawang atau squill di malam tahun baru, mereka percaya akan membawa keberuntungan.

Uniknya, di pagi hari para orang tua akan membangunkan anak-anaknya dengan memukul kepalanya menggunakan bawang agar mereka bangun untuk mengikuti kebaktian di gereja. Bagaimana unik bukan?

Brazil

Di Brazil, perayaan tahun baru sangat identik dengan warna putih mulai dari pakaian hingga bunga. Sebab, penduduk setempat percaya mengenakan pakaian putih dan melempar bunga putih beserta lilin ke laut sebagai persembahan kepada Dewi Laut Afrika-Brasil Lemanja pada Malam Tahun Baru. Jika lautan mengembalikan persembahannya makan Lemanja tidak menerimanya.

Persembahan bunga putih dan lilin dimaksudkan untuk menenangkan Dewi Laut, yang dikenal memberkati ibu dan anak. Persembahan untuk Lemanja juga dikatakan bisa membawa kemakmuran untuk tahun baru.

Itu dia tadi beberapa negara yang merayakan tahun baru dengan unik. Sayangnya, karena adanya pandemi yang menyerang beberapa negara kegiatan tersebut mungkin tidak bisa dilakukan.

Tetapi tenang saja, berbagai kegiatan tahun baruan yang unik dan menarik tetap bisa kamu lakukan walau hanya di rumah saja. Sebab, BNI mengajak kamu untuk menikmati tahun baruan di rumah aja lewat program Savacation untuk menikmati liburan akhir tahun dengan aman dan caranya masing-masing.

Kamu pun bisa menceritakan berbagai cara unik dalam merayakan akhir tahun kali ini. Bisa saat merayakannya di berbagai daerah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, atau berbagai kegiatan menarik dan unik selama malam pergantian tahun di rumah.

Seperti mengadakan BBQ Party bersama orang-orang tercinta, atau mengubah ruang tamu menjadi mini teater yang nyaman. Semuanya bisa kamu lakukan walau hanya di rumah saja.

Program ini juga bertujuan untuk mengajak kamu menikmati liburan akhir tahun kali ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menciptakan pengalaman yang seru dan tak terlupakan dengan beragam promo menarik dari BNI.

Penasaran? Beragam promo tersebut dapat diketahui secara lebih detail di sini. Jadi yuk, buat malam tahun baruan kamu lebih menarik dan unik bersama Savacation BNI!

(mul/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA