Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Des 2020 19:30 WIB

TRAVEL NEWS

Nataru, Berlibur ke Wonosobo Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Antigen

Uje Hartono
detikTravel
Wonosobo
Ilustrasi objek wisata Wonosobo (Uje Hartono/detikTravel)
Wonosobo -

Wisatawan yang akan berlibur ke Wonosobo pada libur natal dan tahun baru diwajibkan untuk melakukan rapid antigen terlebih dahulu.

Sekretaris Daerah Wonosobo One Andang Wardoyo mengatakan, momen liburan panjang natal dan tahun baru bisa menimbulkan klaster penularan jika tidak dikendalikan. Sehingga perlu ada upaya pencegahan.

"Sebagai upaya mencegah makin masifnya penyebaran COVID-19 di Wonosobo khususnya, maka telah diterbitkan surat resmi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. mewajibkan para pengunjung dari luar daerah untuk menunjukkan hasil Rapid Antigen atau rapid test non reaktif untuk bisa masuk ke objek wisata," jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/12/2020).

Selain itu, kepada pengelola wisata di Wonosobo juga diingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini juga ditujukan kepada penginapan, dan kepala desa yang memiliki sarana rekreasi di wilayahnya,

"Surat ini juga ditujukan kepada para jajaran pemangku kepentingan dalam upaya pengamanan dan pencegahan. Seperti Kades dan lurah hingga para camat," kata dia.

Tidak hanya pariwisata, pelaksanaan kegiatan juga dibatasi. Yakni jika melibatkan lebih dari 50 orang, diwajibkan untuk berkoordinasi dan memperoleh izin dari aparat keamanan setempat.

"Kami menggandeng unsur TNI, Polri, serta perangkat daerah terkait. Seperti Satpol PP, Kesbang Pol hingga Dinas Kominfo," tuturnya.

Ia menegaskan, akan menutup tempat wisata jika didapati tidak menerapkan ketentuan tersebut.

"Bagi wisata ataupun hiburan yang tetap menggelar kegiatan dengan melibatkan banyak orang dan melanggar ketentuan protokol kesehatan, akan kena sanksi. Yakni penutupan sementara dan melakukan evaluasi lebih lanjut," terangnya.

Hingga saat ini, Selasa (22/12/2020), jumlah konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Wonosobo mencapai 4.060 kasus secara kumulatif. Dari jumlah tersebut, 206 di antaranya meninggal dunia.



Simak Video "Hindari Antrean, Penumpang di Soetta Pilih Tes COVID-19 Drive Thru"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA