Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Des 2020 22:31 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Prau Tutup 3 Januari-4 Maret 2021

Lansekap Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing terlihat sangat mempesona dari Gunung Prau. Momen matahari terbit pun seakan membuat nuansa menjadi romantis
Gunung Prau (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Salah satu gunung favorit pendaki di Jawa Tengah melakukan penutupan tahunan. Pengelola Gunung Prau akan menutup jalur pendakian pada tanggal 3 Januari-4 Maret 2021.

Beberapa gunung favorit pendaki juga melakukan penutupan. Gunung Rinjani mulai menutup pada 1 Januari dengan wisata non pendakian mulai dari tanggal 18 Desember.

Sementara itu, Gunung Semeru ditutup lagi semenjak erupsi beberapa minggu lalu. Gunung ini baru dibuka karena kebakaran dan sudah memperoleh izin di masa new normal.

Lalu, Gunung Merapi malah sudah ditutup dari tahun 2018. Gunung favorit lainnya, Merbabu, masih ditutup semenjak pandemi dan belum ada tanda-tanda pembukaan.

Alternatif gunung favorit untuk tahun baru 2021 tinggallah Gunung Andong. Gunung ini jadi favorit pendaki pemula karena jarak pendakian yang pendek dan pemandangan yang amat cantik.

Kembali ke Gunung Prau, gunung ini juga bisa dijadikan destinasi untuk tahun baru. Hanya butuh sekitar 3-4 jam untuk menggapai puncaknya.

Gunung Prau ditutup beberapa hari setelah momen tahun baru. Penutupannya untuk memulihkan kembali keadaan alam di sana.

[Gambas:Instagram]

"Agendakan sebelum resmi ditutup ya gaes. Setiap tahun Gunung Prau rutin menutup wisata pendakian untuk pemulihan ekosistem, perawatan reboisasi," kata pengelola Gunung Prau dalam unggahan Instagram, Senin (21/12/2020).

"Hasil kesepakatan pengurus semua jalur Prau tutup 3 Januari sampai dengan 4 Maret 2021," dia menambahkan.

Gunung Prau jadi destinasi wisata pilihan selain dataran tinggi Dieng. Kawasan itu memiliki bukit terkenal untuk didaki karena memiliki golden sunrise, yakni Bukit Sikunir.

Gunung Prau memiliki banyak jalur pendakian. Traveler bisa menggapai puncaknya dari Jalur Patak Banteng, Dieng, hingga Kali Lembu.



Simak Video "Hilang Misterius di Gunung Abbo, Wanita Pendaki Ditemukan Selamat!"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
eLife
×
Mata Merana karena WFH
Mata Merana karena WFH Selengkapnya