Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Des 2020 08:09 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Akhir Tahun dan Cuti Bersama Desember 2020, Wisata Bandung yang Buka

Rosmha Widiyani
detikTravel
Anggota kepolisian mengalihkan jalur menuju kawasan wisata Lembang di Jalan Setiabudi, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Pada cuti bersama serta libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW hari kedua, jalur wisata menuju Lembang dipadati kendaraan wisatawan, dan kepolisian memberlakukan pengalihan arus untuk mengurai kemacetan. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI/Libur Akhir Tahun dan Cuti Bersama Desember 2020, Wisata Bandung yang Buka
Jakarta -

Libur akhir tahun dan cuti bersama Desember 2020 menjadi saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Bagi yang telah menyusun agenda liburan jangan lupakan protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum berlalu.

Salah satu destinasi libur akhir tahun dan cuti bersama Desember 2020 favorit adalah kawasan wisata Bandung, Jawa Barat. Wisatawan bisa menikmati pemandangan alam, kuliner, atau menikmati rekreasi bersama olahraga.

Berbagai tempat wisata Bandung, Jawa Barat, tentu bisa dinikmati seperti biasa bila tak ada pandemi COVID-19. Dengan masih adanya pandemi, wisatawan wajib mencari tahu apakah ada aturan terkait upaya pencegahan COVID-19.

Informasi juga diperlukan untuk memastikan kawasan wisata Bandung tetap buka saat libur akhir tahun dan cuti bersama Desember 2020. Seperti diketahui, kawasan Ancol memutuskan tutup untuk menghindari kerumunan dan mencegah infeksi.

Dalam arsip berita detikcom, belum ada kawasan wisata Bandung yang tutup saat libur akhir tahun dan cuti bersama Desember 2020. Namun wisatawan wajib membawa surat rapid tes antigen yang menjelaskan kondisi kesehatan terkait COVID-19.

"Wajib, sesuai surat edaran. Diimbau syarat orang datang harus bawa surat itu. Kita juga cek, ya," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial yang menjelaskan kewajiban rapid tes antigen tercantum dalam SE Nomor 440/SE.149-Bag.Huk.

Kewajiban rapid tes antigen pada wisatawan juga dijelaskan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB). Aturan ini mengikuti arahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait libur akhir tahun dan cuti bersama Desember 2020.

"Pemerintah daerah tentu akan mengikuti arahan, karena kita juga harus menjaga protokol kesehatan di tempat wisata. Kita masih menunggu aturan teknisnya apakah dari Dinkes Jabar atau kami," ujar Kepala Disparbud KBB Sri Dustirawati .

Antisipasi mencegah penyebaran COVID-19 lainnya adalah menerapkan protokol kesehatan dengan lebih disiplin. Sri mengatakan telah bekerja sama dengan pemilik tempat wisata menjelang libur akhir tahun dan cuti bersama Desember 2020.

"Kita sudah koordinasi dengan owner wisata. Di rapat forkopimda juga dibahas, jika tujuan wisata akan buka tutup saat carrying capacity terpenuhi. Mungkin kunjungan tidak terlalu baik, apalagi ada larangan perayaan tahun baru," kata Sri.

Aturan tersebut tentu harus jadi catatan wisatawan yang akan menghabiskan libur akhir tahun dan cuti bersama Desember 2020. Setelah melakukan rapid tes antigen, wisatawan bisa menikmati tempat wisata di Bandung, Jawa Barat.

Berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung untuk menikmati libur akhir tahun dan cuti bersama Desember 2020:

  • Braga
  • Kawah Putih Ciwidey
  • Lembang Park & Zoo
  • Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda
  • Gunung Putri Lembang
  • Saung Angklung Udjo
  • Floating Market Lembang
  • Farmhouse Lembang
  • Tangkuban Perahu
  • Taman Bunga Begonia Lembang


Simak Video "Pemerintah Resmi Pangkas 3 Hari Libur Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA